Akasha Wira International : Valuasi Murah – Kinerja Not Bad Di Tengah Menariknya Permintaan AMDK :: Saham ADES Good or Bad (2019) ?

31/5/2019, 19:37 WIB

Good or Bad saham ADES ? : Mulai dari pengendali oleh perusahaan ternama [tahun 2004, Water Partners Bottling S.A. (WPB), sebuah perusahaan patungan antara Nestlé S.A. dan Refreshment Product Services // anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki The Coca-Cola Company mengambil alih mayoritas saham di ADES], memiliki performa yang bisa dinilai Not Bad [dibandingkan dengan sesama perusahaan dibidang AMDK] dan semakin meningkatnya permintaan kebutuhan AMDK [Air Minum Dalam Kemasan yang mana sampai saat ini masih terus meningkat. Tercermin pada peningkatan ekspor AMDK yang naik sebesar 13,76% YOY di tahun 2017 – 2018 dibarengi dengan penurunan impor AMDK sebesar 26,99% YOY 2017 – 2018] hingga valuasi saham yang telah MURAH [sekali lagi, jika dibandingkan dengan sesama perusahaan dibidang AMDK], maka Apakah saat ini merupakan peluang menarik untuk memiliki saham ADES ?

Apakah harga saham ADES sanggup mencapai ke >1,250/share ?.

[Gambar ADES]

[ Jika Anda sering berkunjung ke situs andrianoktianto.com, pasti Anda ingat beberapa waktu lalu Penulis sempat memberikan potensi dari menariknya saham – saham pilihan yang akhirnya melejit (sebelum harga sahamnya sempat retracement ekstrem akibat panic selling effect pada akhir kuartal III tahun 2018 & pertengahan Mei 2019) tinggi seperti saham WOOD yang bisa Anda baca [ disini ], saham SMCB yang bisa Anda baca [ disini ], saham ESSA yang bisa Anda baca [ disini ], saham KINO yang bisa Anda baca [ disini ], saham UNVR yang bisa Anda baca [ disini ], saham JSMR yang bisa Anda baca [ disini ], saham SILO yang bisa Anda baca [ disini ] serta beberapa saham lainnya. Menariknya kali ini Penulis akan memberikan artikel terkait analisis saham ADES di bawah ini jadi silahkan baca hingga tuntas. Jika Anda ingin baca artikel saham – saham pilihan andrianoktianto.com lainnya bisa Anda baca (disini) ]

[ sebelum Anda membaca artikel soal analisis saham ADES maka penulis menyarankan alangkah lebih baik lagi Anda membaca (artikel ini) untuk lebih memahami pentingnya mindset value investing setelah hasil analisis itu sendiri ]

Hasil analisis [terbatas] saham ADES ini di publish via Website andrianoktianto.com pada Mei 2019. Tentunya E-book review analisis saham ADES telah di publish lebih dulu secara RealTime via email dengan versi hasil review yang tentu lebih lengkap (menjelang pertengahan tahun 2019).


Berikut adalah review Penulis yang tertuang pada Ebook Kuartalan 1Q19/3M19 saham ADES yang telah terbit beberapa waktu lalu atau menjelang pertengahan tahun 2019 [Catatan : Anda bisa membacanya dibawah ini]

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartalan [1Q19/3M19] saham ADES ini terbit lebih dulu via email sejak menjelang pertengahan tahun 2019 dan ditulis sejak harga saham ADES berada dikisaran 1,030/share.


Perlu diperhatikan bahwa saham ADES ini dipilih berdasarkan [diantaranya] pertimbangan valuasi saham ADES yang mana hingga saat ini masih bisa dikatakan cukup MURAH dengan hasil LK 1Q19/3M19 semakin MENARIK meski belum terlalu signifikan, tentu saja hal ini dengan memperhitungkan kinerja yang tercermin pada rasio keuangan ADES di kuartal terbarunya saat ini [Catatan : valuasi saham ADES ; PBV 1,22 PER 8,92 dan kinerja saham ADES ; NPM 9% ROE 14%] dibandingkan dengan sesama perusahaan dibidang AMDK seperti CLEO dan ALTO serta perkembangan permintaan kebutuhan AMDK [Baca : Air Minum Dalam Kemasan] yang mana sampai saat ini masih terus meningkat [Catatan : Tercermin pada peningkatan ekspor AMDK yang naik sebesar 13,76% YOY di tahun 2017 – 2018 dibarengi dengan penurunan impor AMDK sebesar 26,99% YOY 2017 – 2018] maka saham ADES ini merupakan saham yang ideal untuk dipilih setidaknya hingga saat review ini ditulis atau di kuartal 1Q19/3M19.


PT Akasha Wira International Tbk. atau ADES adalah perusahaan yang bergerak dalam industri air minum dalam kemasan (AMDK) yang memproduksi serta menjual produk air minum dalam kemasan dengan merek dagang AdeS, AdeS Royal yang dimiliki oleh The Coca Cola Company, dan Nestlé Pure Life yang dimiliki oleh Nestlé SA. Selain industri AMDK, sejak tahun 2010 ADES memperluas bidang usahanya dalam bisnis kosmetika yang mana di tahun selanjutnya yaitu 2012 ADES menandatangani perjanjian kerjasama dengan Procter & Gamble untuk mengimpor, mendistribusikan, dan menjual produk Procter & Gamble segmen premium profesional yaitu produk Wella, Wella Professional, System Professional, dan Clairol Professional. Dengan perluasan di beberapa bidang usaha maka izin usaha ADES menjadi lebih luas meliputi air minum dalam kemasa, minuman ringan, industri produk roti dan kue, industri kembang gula lainnya, industri mie dan produk sejenisnya, industri bahan kosmetika dan kosmetika, termasuk pasta gigi dan bisnis perdagangan besar (Baca : distributor utama, ekspor, dan impor).

Jadi, apa yang membuat saham ADES menarik setidaknya sampai dengan saat review ini ditulis ?. Let’s chek this out !

  • Pertama, ADES merupakan salah satu perusahaan go publik khususnya di bidang industri AMDK yang saat review ini ditulis valuasi sahamnya termasuk masih yang termurah ketimbang saham perusahaan AMDK lainnya [Catatan : lebih murah ketimbang ALTO dan CLEO] berdasarkan hasil LK 1Q19/3M19 yang mana bisa juga dikatakan cukup menarik [Catatan : menunjukkan peningkatan meski belum signifikan] atau Not Bad,
  • Kedua, Saham ADES cukup menarik saat ini dengan adanya opportunity dari naiknya kebutuhan AMDK yang ditunjukkan dengan meningkatnya ekspor AMDK sebesar 13,76% YOY atau 2017/2018 serta meningkatnya pertumbuhan industri minuman [Catatan : bukan tidak mungkin peningkatan permintaan AMDK bisa bertahan atau lebih tinggi hingga di akhir tahun 2019 atau selanjutnya]. Oleh karena itu, strategi untuk memiliki saham perusahaan AMDK dengan valuasi yang masih cukup MURAH dan kinerja Not Bad merupakan suatu keputusan yang mengerucut pada dipilihnya saham ADES setidaknya hingga saat ini,
  • Ketiga, ADES merupakan saham perusahaan AMDK lokal namun dengan pengendali “interlokal” atau internasional. Hal ini dikarenakan pada tahun 2004, Water Partners Bottling S.A. (WPB), sebuah perusahaan patungan antara Nestlé S.A. dan Refreshment Product Services (Catatan : anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki The Coca-Cola Company), mengambil alih mayoritas saham di ADES. Selama kepemilikan Nestle SA dan The Coca Cola Company ini, ADES mengeluarkan produk air kemasan AdeS dengan kemasan baru dan produk baru Nestle Pure Life. Kemudian di tanggal 3 Juni 2008, Sofos Pte. Ltd., perusahaan berbadan hukum Singapura, telah mengakuisisi Perseroan melalui pembelian seluruh saham Nestlé S.A. dan Refreshment Product Services (Catatan : anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki The Coca-Cola Company) di WPB dan dengan akuisisi tersebut Sofos Pte.Ltd menjadi pemegang saham pengendalian Perusahaan. So, itu kenapa memiliki saham ADES tidak berbeda dengan memiliki saham perusahaan yang cukup bernilai dengan kendali perusahaan ternama,
  • Keempat atau terakhir, harga saham ADES saat ini masih bisa dikatakan cukup MURAH dengan performa Not bad berdasarkan pertimbangan ke 3 poin terkait saham ADES di atas dan hal ini telah memperhitungkan juga hasil dari LK 1Q19/3M19 saham ADES.

Jadi, beberapa poin saham ADES yang telah Penulis jabarkan di atas cukup menjelaskan mengenai “alasan” dipilihnya saham ADES meski belum terdapat aksi korporasi secara khusus atau signifikan yang direncanakan ADES di tahun 2019 [Catatan : setidaknya hingga saat review ini ditulis]. Selebihnya tentu saja secara lebih relevan berkelanjutan dalam pengambilan keputusan berinvestasi saham maka tunggu LK kuartal saham ADES selanjutnya terbit.


Di atas adalah review [TERBATAS] Penulis via Ebook Kuartalan (1Q19/3M19) saham ADES. Yups ! saat review saham ADES ini di publish via website andrianoktianto.com harga saham ADES berada dikisaran 1,030/share [per 31 Mei 2019].

So, setelah tahu beberapa poin signifikan mengenai saham ADES seperti yang telah di uraikan di atas maka akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham ADES menarik untuk di akumulasi BELI ? dan apakah harga saham ADES akan mampu naik cukup tinggi dari harga sahamnya saat ini ?. Let’s see the market !

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram andrianoktianto.com).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram andrianoktianto.com, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia andrianoktianto.com )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala andrianoktianto.com dan ingin mendapatkan hasil analisis andrianoktianto.com lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan andrianoktianto.com. Klik REGISTRASI —> disini

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (disini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing andrianoktianto.com ?. Klik —> (disini)

Apa itu Value Investing andrianoktianto.com ?. Klik —> (disini)

Profil dari Penulis ?. Klik —> (disini)

Saham Value Investing Indonesia – andrianoktianto.com

NB : Beberapa sumber (Berita Terkait) diolah dari berbagai media

ASTRA OTOPARTS (saham AUTO) – th. 2020

Ekspansi produk, penambahan Outlet Shop & Drive guna perbesar pangsa pasar, efisiensi biaya utama hingga ...

E-book Review atas Laporan Keuangan Kuartal IV – Tahun 2019

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal IV – Tahun 2019   Dear investor dari berbagai ...

Global Mediacom : Online Digital Media – Induk Perusahaan MNCN :: Saham BMTR Menarik (2019) ?

Saham BMTR Menarik ? : Mulai dari dua lini bisnis inti yang memberikan kontribusi pendapatan ...

Right Issue : Hal-hal Penting Tentang (HMETD) Bagi Investor Saham

Right Issue : Definisi, Tujuan, Mekanisme, Penentuan harga teoritis, Efek bagi Investor Saham, Alasan emiten ...

Media Nusantara Citra : UnderValue, Performa & Online – Digital Media Expansion :: Saham MNCN Good OR Bad (2019) ?

Good or Bad saham MNCN ? : Mulai dari menjadi Market leader penyiaran stasiun televisi ...

Matahari Putra Prima : UnderValue, Brand and Market Modern Transformation :: Saham MPPA Good or Bad (2019) ?

Menariknya saham MPPA ? : Mulai dari ekspansi bisnis [penambahan gerai ; perubahan transformasi modern ...