ASTRA OTOPARTS (SAHAM AUTO) – th. 2021

8/8/2021, 16:39 WIB

AUTO salah satu saham bisnis komponen otomotif terbesar di Indonesia dengan valuasi termurah serta kinerja menarik, akankah saham Astra Otoparts “lanjut naik” ke valuasi wajarnya atau bahkan “melejit” di tahun 2021 ?

 

Emiten : Saham AUTO – PT. Astra Otoparts Tbk.

Harga Saham (saat publish/posting) : IDR 1,025/lembar

Level IHSG (saat publish/posting) : 6,203 – Agustus 2021

 

PT. Astra Otoparts Tbk. atau AUTO adalah grup perusahaan komponen otomotif terbesar dan terkemuka di Indonesia yang memproduksi dan mendistribusikan beranekaragam suku cadang kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, baik untuk suplai ke pasar pabrikan otomotif [OEM/Original Equipment for Manufacturer] maupun ke pasar suku cadang pengganti [REM/ Replacement Market].

Dari segi pemasaran maka AUTO atau PT. Astra Otoparts Tbk. sudah bisa dikatakan memiliki cakupan jangkauan yang luas meliputi dalam dan luar negeri, termasuk Asia, Oceania, Timur Tengah, Amerika, Eropa dan Afrika. Selain jangkauan pemasaran yang luas, AUTO juga telah memiliki divisi perdagangan yang beroperasi di Singapura serta entitas anak di Negara Australia. Hal tersebut tentu menunjukkan bahwa cakupan wilayah pemasaran produk dari AUTO sudah cukup bagus atau menarik.

 

Perkembangan terkini (beberapa poin menarik) : 

  • Emiten / saham AUTO tengah menyiapkan strategi mulai dari efisiensi hingga memperkuat penjualan online, dalam merespon proyeksi peningkatan penjualan kendaraan di tahun 2021. Maksud dari strategi AUTO tersebut yakni melakukan efisiensi dalam proses produksi yang disertai dengan memperkuat penjualan online melalui platform resmi yaitu astraotoshop.com dan melalui official store Astra Otoparts di beberapa e-commerce. Selain di sisi penjualan online, emiten AUTO juga tengah ekspansi Astra Otoservice, gerai bengkel modern khusus kendaraan roda empat.
  • Emiten / saham AUTO di tahun 2021 dalam penggunaan CAPEX memprioritaskan penambahan tipe baru produk OEM sekaligus pengembangan lanjutan digitalisasi di lini bisnis manufaktur perusahaan.
  • Emiten / saham AUTO sejak tahun 2020 terus memperkuat lini bisnis perdagangan melalui penjualan secara online dan diversifikasi produk non otomotif.

 

Faktor terkait :

Pemerintah menerapkan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kendaraan sebesar 0% sejak Maret 2021 sampai dengan akhir tahun 2021, dimana dalam penerapan diberlakukan skema dan tahapan yang telah di tentukan. Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil hingga 2Q21/1H21 berdasarkan wholesales (pabrik ke dealer) secara nasional menunjukkan kenaikan / tumbuh sebesar 50,79% Year on Year / YOY. Setidaknya hingga kini / dalam perkembangannya Program Relaksasi PPnBM telah mendukung peningkatan penjualan mobil di tahun 2021, tentu saja hal tersebut potensial berdampak pada bisnis komponen otomotif.

 

Fundamental :

Penulis menilai, saat review ini ditulis valuasi saham AUTO telah atau masih undervalue ditunjukkan dengan tingkat PER AUTO 9,44x dan tingkat PBV AUTO 0,49x vs tingkat ROE AUTO 5,18% di level harga 1065/share. Namun, tentu saja posisi fundamental AUTO bisa berubah tergantung dari performa emiten AUTO kedepannya.

Berdasarkan LK emiten AUTO kuartal 2Q21/1H21, Astra Otoparts menunjukkan performa atau kinerja yang bisa dinilai Cukup Menarik, … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

[Uraian mengenai fundamental dibatasi, selengkapnya hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

 

Sejauh ini berdasarkan catatan – catatan AUTO tersebut, apakah potensi AUTO bisa dinilai cukup menarik, utamanya sebagai salah satu grup perusahaan komponen otomotif terbesar dan terkemuka di Indonesia ?

Review secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif di atas Penulis pikir cukup menjelaskan secara prudent dan konservatif mengenai saham AUTO setidaknya untuk saat ini. But, dari beberapa poin yang terpenuhi di atas maka poin terpenting selanjutnya terkait “Tindakan yang ideal untuk dilakukan selanjutnya Pada Saham AUTO” berdasarkan pada laporan keuangan tentu diuraikan lebih detail hanya pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan.

 

Emiten : Saham AUTO – PT. Astra Otoparts Tbk.
Rating Fundamental — — (saat review) : Menarik / Biasa Saja / Buruk
Pada Harga IDR 1,065/lembar, Rating Valuasi Saham AUTO : B (Murah)
Pada Harga IDR 1,065/lembar, Margin to Fair Saham AUTO : + 35%

 

“Successful Investing Takes Time, Discipline and Patience”
** Warren Buffet **


Rating Valuasi Saham : A (Sangat Murah), B (Murah), C (Hampir Wajar), D (Wajar), E (Hampir Mahal).
Rating Valuasi Saham mempertimbangkan : PBV, PER, ROE, DER, QV (Qualitative Value), RR (Risk Rate) dan HSP (Historis Stock Price) pada saat penilaian atau pengukuran Rating Valuasi Saham tersebut.


Kenapa analisis dalam kaidah value investing sangat penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member andrianoktianto.com.

Temukan hasil review saham – saham pilihan selanjutnya hanya dengan registrasi atau join membership andrianoktianto.com (klik disini) dan dapatkan review lengkap saham – saham pilihan di Ebook Kuartalan andrianoktianto.com sesuai kaidah Value Investing – Warren Buffet / Benjamin Graham (klik disini).


TagLine : value investing indonesia andrianoktianto.com // value investing saham // investasi saham pemula // investasi saham berpengalaman // value investor Indonesia // metode value investing // saham value investing indonesia


 

E-BOOK REVIEW ATAS LAPORAN KEUANGAN KUARTAL II – TAHUN 2021

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal II – Tahun 2021   Dear investor dari berbagai ...

HM Sampoerna (SAHAM HMSP) – th. 2021

HMSP salah satu bagian dan afiliasi dari perusahaan rokok tembakau internasional terkemuka di dunia, saat ...

PANCA MITRA MULTIPERDANA (SAHAM PMMP) – th. 2021

PMMP salah satu saham bisnis olahan udang (termasuk eksportir udang terbesar di Indonesia) dengan valuasi ...

United Tractors (SAHAM UNTR) – th. 2021

UNTR : “Kontribusi” batubara, emas dan konstruksi di tengah supercycle komoditas hingga SWF, bagaimana “respon” ...

MALINDO FEEDMILL (Saham MAIN) – th. 2021

MAIN salah satu saham sektor poultry dengan valuasi termurah, kinerja menarik serta tingkat resiko gagal ...

LIPPO CIKARANG (Saham LPCK) – th. 2021

LPCK salah satu atau bahkan mungkin satu – satunya saham sektor properti dengan valuasi termurah, ...