BANK TABUNGAN NEGARA (SAHAM BBTN) – th. 2022

BBTN : Bank BUMN dengan Pembiayaan Properti Terbesar di Indonesia, akankah saham Bank Tabungan Negara “melejit” pasca puncak pandemi atau di tengah pemulihan ekonomi Indonesia ?

 

Emiten : Saham BBTN – PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
Harga Saham (saat publish/posting) : IDR 1495/lembar
Level IHSG (saat publish/posting) : 6,994 – Oktober 2022

 

PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BBTN merupakan perusahaan BUMN dimana saat ini, fokus bisnis Bank BTN dikonsentrasikan pada tiga sektor, yakni KPR dan Perbankan Konsumer (KPR bersubsidi, KPR Non Subsidi, Kredit perumahan lainnya dan kredit konsumer, simpanan giro, simpanan tabungan dan deposito), Perumahan dan Perbankan Komersial (Kredit konstruksi, Kredit Mikro dan Usaha Kecil Menengah, serta Kredit Korporasi lainnya, simpanan giro dan deposito), serta Perbankan Syariah (pembiayaan konsumer syariah dan pembiayaan komersial syariah, giro syariah, tabungan syariah dan deposito syariah). Pada tahun 2009, BBTN melakukan sekuritisasi KPR pertama di Indonesia yang mana BBTN melakukan sekuritisasi aset melalui pencatatan transaksi Kontrak Investasi Kolektif – Efek Beragun Aset (KIK-EBA), lalu pada 17 Desember 2009 melakukan Penawaran Umum Saham Perdana (IPO) dan listing di Bursa Efek Indonesia.

Setelah lebih dari enam dekade fokus di bidang bisnis perumahan, terutama melalui KPR, baik KPR Subsidi untuk segmen menengah ke bawah maupun KPR Non Subsidi untuk segmen menengah ke atas, akhirnya BBTN sukses meningkatkan posisinya menjadi peringkat ke-5 bank terbesar di Indonesia dari segi aset.

 

Perkembangan terkini (beberapa poin menarik) :

  • Emiten BBTN menerima penghargaan sebagai “Bank BUMN dengan Pembiayaan Properti Terbesar di Indonesia” pada malam Penganugerahan “Urbancity Indonesia Banking & Real Estate Awards 2022”.
  • Emiten BBTN telah menyalurkan KPR lebih dari 5 juta rumah di Indonesia sejak 1976 hingga Juni 2022, dimana emiten BBTN juga memimpin pasar KPR dengan pangsa sebesar 38,5% per Maret 2022.
  • Emiten BBTN telah berhasil melampaui target pertumbuhan KPR BTN, dimana emiten BBTN telah menyalurkan total KPR sebesar IDR 17,03 Triliun per Juni 2022 atau tumbuh 24,78% secara tahunan.
  • Emiten BBTN akan melakukan (PMHMETD) atau rights issue melalui mekanisme Penawaran Umum Terbatas II dengan menerbitkan saham paling banyak 4,6 miliar lembar saham Seri B dengan nominal IDR 500 per saham, dimana PMHMETD PUT II tersebut untuk tujuan meningkatkan kapasitas eniten BBTN dalam menyalurkan kredit perumahan guna mendukung Program Perumahan Nasional.

 

Faktor terkait :

Tingkat suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7DRRR) berada di level 4,25% per September 2022. Suku bunga yang bisa dinilai berada di teritori moderat tersebut akan banyak berpengaruh potensial terhadap kinerja sektor perbankan, seperti potensi peningkatan tingkat penyaluran kredit perbankan yang mana secara otomatis pendapatan bunga bank akan meningkat.

Tingkat suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7DRRR) yang bisa dinilai moderat (meski tidak lagi era suku bunga rendah) maka rasio NPL (Non Performance Loan) seharusnya (masih) bisa dikontrol oleh perbankan, yang artinya sudah semestinya pencadangan perbankan akan bisa (terjaga) rendah dan perbankan dapat mengerek laba bersih.

Pasca puncak pandemi COVID-19, tentunya serapan pendapatan perbankan dari segmen bisnis terkait proyek infrastruktur nasional hingga perumahan / rumah – rumah komersial / properti akan sangat potensial bagi perbankan.

 

Fundamental :

Penulis menilai, saat review ini ditulis valuasi saham BBTN telah atau masih undervalue ditunjukkan dengan tingkat PER BBTN 5,31x dan tingkat PBV BBTN 0,81x vs tingkat ROE BBTN 14,02% di level harga 1490/share. … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan].

Berdasarkan LK emiten BBTN kuartal 2Q22/1H22, PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menunjukkan performa atau kinerja yang bisa dinilai MENARIK, … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan].

[Uraian mengenai fundamental dibatasi, selengkapnya hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

 

Sejauh ini berdasarkan catatan – catatan BBTN tersebut, apakah potensi BBTN bisa dinilai menarik pasca puncak pandemi atau di tengah pemulihan ekonomi Indonesia ?

Review secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif di atas Penulis pikir cukup menjelaskan secara prudent dan konservatif mengenai saham BBTN setidaknya untuk saat ini. But, dari beberapa poin yang terpenuhi di atas maka poin terpenting selanjutnya terkait “Tindakan yang ideal untuk dilakukan selanjutnya Pada Saham BBTN” berdasarkan pada laporan keuangan tentu diuraikan lebih detail hanya pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan.

 

Emiten : Saham BBTN – PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
Rating Fundamental — — (saat review) : Menarik
Pada Harga IDR 1490/lembar, Rating Valuasi Saham BBTN : B (Murah)
Pada Harga IDR 1490/lembar, Margin to Fair Saham BBTN : + 50%

 

“Successful Investing Takes Time, Discipline and Patience”
** Warren Buffet **


Rating Valuasi Saham : A (Sangat Murah), B (Murah), C (Hampir Wajar), D (Wajar), E (Hampir Mahal).
Rating Valuasi Saham mempertimbangkan : PBV, PER, ROE, DER, QV (Qualitative Value), RR (Risk Rate) dan HSP (Historis Stock Price) pada saat penilaian atau pengukuran Rating Valuasi Saham tersebut.


Kenapa analisis dalam kaidah value investing sangat penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member andrianoktianto.com.

Temukan hasil review saham – saham pilihan selanjutnya hanya dengan registrasi atau join membership andrianoktianto.com (klik disini) dan dapatkan review lengkap saham – saham pilihan di Ebook Kuartalan andrianoktianto.com sesuai kaidah Value Investing – Warren Buffet / Benjamin Graham (klik disini).


TagLine : value investing indonesia andrianoktianto.com // value investing saham // investasi saham pemula // investasi saham berpengalaman // value investor Indonesia // metode value investing // saham value investing indonesia