HM Sampoerna (SAHAM HMSP) – th. 2021

15/7/2021, 14:44 WIB

HMSP salah satu bagian dan afiliasi dari perusahaan rokok tembakau internasional terkemuka di dunia, saat ini (th. 2021) sempat berada pada posisi harga saham terendah sejak hampir 10 tahun terakhir, akankah “melejit” di tahun 2021/2022 ?

 

Emiten : Saham HMSP – PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk.
Harga Saham (saat publish/posting) : IDR 1,120/lembar
Level IHSG (saat publish/posting) : 6,015 – Juli 2021

 

PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. atau HMSP adalah perusahaan produsen berbagai merek rokok kretek yang dikenal luas, seperti A Mild, Sampoerna Kretek serta “Raja Kretek” yang legendaris Dji Sam Soe. Selain itu, HMSP juga mengoperasikan 7 fasilitas produksi di Indonesia dan bermitra dengan 38 Mitra Produksi Sigaret (MPS). Sampoerna menjual dan mendistribusikan rokok melalui total 106 kantor penjualan yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan serta di kawasan Indonesia Timur. HMSP terafiliasi dengan PT Philip Morris Indonesia (PMID) dan bagian dari Philip Morris International Inc. (PMI), perusahaan rokok tembakau terkemuka di dunia.

HMSP merupakan salah satu perusahaan produsen rokok terbesar di Indonesia yang sahamnya termasuk berkapitalisasi JUMBO atau biasa disebut sebagai saham lapis 1 / bluechip yang mana Penulis yakin sebagian besar dari Anda pasti kenal atau tahu tentang Brand Product or Brand Company “HM Sampoerna”.

Perlu untuk di ketahui atau disadari bahwa HMSP ini tentu erat kaitannya dengan aturan kebijakan pemerintah khususnya cukai, mengingat produk bisnis dari HMSP terkait erat dengan aturan tersebut. So, jika Anda memilih untuk tertarik pada saham HMSP maka harus peka pada perkembangan aturan terkait cukai dan aturan terkait produk dari HMSP di masa mendatang yang mana tentu sedikit banyak akan punya dampak pada performa HMSP.

 

Perkembangan terkini (beberapa poin menarik) :

  • Saat review ini ditulis harga saham HMSP masih termasuk terendah sejak 10 tahun terakhir (tanpa memperhitungkan penurunan tajam harga saham HMSP yang terjadi pada Maret / April 2020), fakta tersebut bisa menjadi peluang dalam memperoleh saham sektor consumer goods industry [Sector Consumer Non-Cyclicals – Sub Sector Tobacco] khususnya saham lapis 1 / bluechip dengan valuasi yang bisa dinilai MURAH.
  • Emiten / saham HMSP telah memiliki catatan historis kenaikan harga saham, pendapatan serta laba bersih setidaknya dalam kurun waktu hampir 10 tahun terakhir (th. 2009 – 2018) meski belum sekonsisten emiten / saham GGRM.
  • Emiten / saham HMSP termasuk salah satu atau bahkan mungkin satu – satunya di Indonesia, perusahaan industri rokok yang terafiliasi dengan menjadi bagian dari perusahaan rokok tembakau terkemuka di dunia. Hal tersebut tentu saja menunjukkan kuatnya nilai kualitatif pada HMSP dalam bentuk brand produk, loyalitas pelanggan hingga kualitas produk.

 

Faktor terkait :

Pemerintah menetapkan rata – rata kenaikan tarif cukai rokok sebesar 12,5% sejak Februari 2021. Kenaikan cukai rokok tentu akan menjadi tekanan bagi kinerja emiten rokok, sebab jika cukai rokok naik, perusahaan rokok juga harus menaikan harga produknya untuk menjaga marginnya. Namun, jika dilihat dari kenaikan cukai dan harga produk rokok di tahun – tahun sebelumnya, pengguna rokok masih tetap membeli produk rokok sehingga dampaknya tidak terlalu signifikan turun (kinerja emiten rokok kemungkinan masih akan relatif stabil) mengingat setiap emiten telah memiliki market atau pasarnya tersendiri.

 

Fundamental :

Penulis menilai, saat review ini ditulis ….. [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan] ….. . Perlu Anda pahami bahwa untuk menilai saham lapis 1 / bluechip seperti HMSP ini maka ideal memang penilaiannya dalam timeframe menengah hingga (jika memungkinkan) panjang, jadi bisa dengan membandingkan performa HMSP dalam kurun waktu 5 tahun atau lebih secara YOY serta komparasi terhadap perusahaan sejenis atau dalam bidang bisnis dan ukuran yang sepadan.

[Uraian mengenai fundamental dibatasi, selengkapnya hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

 

Sejauh ini berdasarkan catatan – catatan HMSP tersebut, apakah potensi HMSP bisa dinilai cukup menarik, utamanya sebagai salah satu bagian dan afiliasi dari perusahaan rokok tembakau internasional terkemuka di dunia ?

Review secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif di atas Penulis pikir cukup menjelaskan secara prudent dan konservatif mengenai saham HMSP setidaknya untuk saat ini. But, dari beberapa poin yang terpenuhi di atas maka poin terpenting selanjutnya terkait “Tindakan yang ideal untuk dilakukan selanjutnya Pada Saham HMSP” berdasarkan pada laporan keuangan tentu diuraikan lebih detail hanya pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan.

 

Emiten : Saham HMSP – PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk.
Rating Fundamental — — (saat review) : Menarik / Biasa Saja / Buruk
Pada Harga IDR 1,315/lembar, Rating Valuasi Saham HMSP : B (Murah)
Pada Harga IDR 1,315/lembar, Margin to Fair Saham HMSP : + 25%

 

“Successful Investing Takes Time, Discipline and Patience”
** Warren Buffet **


Rating Valuasi Saham : A (Sangat Murah), B (Murah), C (Hampir Wajar), D (Wajar), E (Hampir Mahal).
Rating Valuasi Saham mempertimbangkan : PBV, PER, ROE, DER, QV (Qualitative Value), RR (Risk Rate) dan HSP (Historis Stock Price) pada saat penilaian atau pengukuran Rating Valuasi Saham tersebut.


Kenapa analisis dalam kaidah value investing sangat penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member andrianoktianto.com.

Temukan hasil review saham – saham pilihan selanjutnya hanya dengan registrasi atau join membership andrianoktianto.com (klik disini) dan dapatkan review lengkap saham – saham pilihan di Ebook Kuartalan andrianoktianto.com sesuai kaidah Value Investing – Warren Buffet / Benjamin Graham (klik disini).


TagLine : value investing indonesia andrianoktianto.com // value investing saham // investasi saham pemula // investasi saham berpengalaman // value investor Indonesia // metode value investing // saham value investing indonesia


 

 

INDIKA ENERGY (SAHAM INDY) – th. 2021

INDY supercycle komoditas khususnya BATUBARA, bagaimana “respon” saham Indika Energy di tahun 2021 ?   ...

BUKIT ASAM (SAHAM PTBA) – th. 2021

PTBA supercycle komoditas khususnya BATUBARA, bagaimana “respon” saham Bukit Asam di tahun 2021 ?   ...

INDAH KIAT PULP AND PAPER (SAHAM INKP) – th. 2021

INKP salah satu saham industri pulp and paper terkemuka di Indonesia dengan valuasi termurah serta ...

E-BOOK REVIEW ATAS LAPORAN KEUANGAN KUARTAL II – TAHUN 2021

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal II – Tahun 2021   Dear investor dari berbagai ...

ASTRA OTOPARTS (SAHAM AUTO) – th. 2021

AUTO salah satu saham bisnis komponen otomotif terbesar di Indonesia dengan valuasi termurah serta kinerja ...

PANCA MITRA MULTIPERDANA (SAHAM PMMP) – th. 2021

PMMP salah satu saham bisnis olahan udang (termasuk eksportir udang terbesar di Indonesia) dengan valuasi ...