INDO-RAMA SYNTHETICS (SAHAM INDR) – th. 2022

INDR salah satu saham produsen polyester yang paling kompetitif di seluruh dunia, bagaimana respon saham Indo-Rama Synthetics di tengah inflasi Dolar AS dan ketidakpastian supercycle komoditas di tahun 2022 ?

 

Emiten : Saham INDR – PT. Indo-Rama Synthetics Tbk.
Harga Saham (saat publish/posting) : IDR 4,690/lembar
Level IHSG (saat publish/posting) : 6,918 – Maret 2022

 

PT. Indo-Rama Synthetics Tbk. atau INDR adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk – produk poliester, yakni pembuatan benang pintal dan campuran, benang filamen poliester (termasuk benang mikrofilamen), serat stapel poliester, pet resin, textile grade chips dan kain poliester (abu-abu dan finished), dan lain-lain, yang terdiri atas perdagangan, investasi, pengoperasian pembangkit listrik dan kegiatan lainnya. Emiten INDR mengoperasikan fasilitas produksinya di Purwakarta, Campaka, dan Bandung, Indonesia, dimana Emiten INDR juga memiliki pabrik manufaktur di Uzbekistan, yang dioperasikan oleh anak perusahaan emiten INDR, JV Indorama Kokand Textile LLC.

Emiten INDR termasuk salah satu eksportir terbesar di Indonesia dan telah menjadi pemenang tetap dalam perebutan penghargaan bergengsi Primaniyarta (prestasi ekspor). Beberapa para pelanggan premium (Negara tujuan ekspor) dari emiten INDR yakni Amerika Utara, Eropa, Amerika Selatan, Asia, Australia dan Timur Tengah. Menariknya, proses penanaman modal kembali yang terus menerus dan program peningkatan produktivitas menjadikan emiten INDR salah satu produsen polyester yang paling kompetitif di seluruh dunia.

 

Perkembangan terkini (beberapa poin menarik) :

  • Emiten / saham INDR telah menyelesaikan transaksi akuisisi 80% kepemilikan saham PT. Cikondang Kancana Prima (CKP) pada tahun lalu atau tepatnya 24 Februari 2021. Sebagai informasi, CKP memiliki izin usaha pertambangan untuk menambang dan mengolah emas dan mineral lainnya di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia. Perusahaan telah memulai pekerjaan pengembangan proyek dan akan memulai produksi pada 2023.
  • Emiten / saham INDR atau PT. Indo-Rama Synthetics Tbk telah menyelesaikan penjualan kepemilikan saham di Isin Lanka (private) limited, Sri Lanka pada 31 Desember 2021, dimana penjualan 100% kepemilikan saham di Isin Lanka (private) Limited, Sri Lanka yang dimiliki sepenuhnya oleh anak perusahaan tidak langsung (ISL).

 

Faktor terkait :

Perlu diketahui bahwa bahan baku pembuatan Polyester ialah dari senyawa kimia, ethylene glycol dan asam tereftalat, yang dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Saat ini (sejak pertengahan tahun 2021 – menginjak awal tahun 2022) sebagian besar harga komoditas dunia termasuk harga minyak mentah mengalami Supercycle Komoditas atau kenaikan harga komoditas hingga ATH (All Time High) atau setidaknya tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Tentu saja beberapa faktor tersebut bisa berdampak / berpengaruh “positif / negatif” utamanya pada bisnis yang terkait dengan produk dari minyak mentah atau turunannya.

Perkembangan harga minyak mentah dunia dunia tergantung pada pasokan minyak mentah dunia dan permintaan akan minyak mentah di seluruh dunia, dimana saat review ini ditulis harga komoditas minyak mentah dunia telah menunjukkan kenaikan tertinggi HAMPIR 10 tahun terakhir dimana sempat menyentuh di kisaran US$ 115 Bbl ! – per Maret 2022, setelah sempat menyentuh rekor harga terendah / negatif di tahun 2020 lalu.

Perubahan nilai kurs mata uang asing utamanya US dollar dan kebijakan perdagangan Negara – Negara tujuan ekspor tentu tidak selalu berada pada kestabilan yang pasti atau dengan kata lain bisa berubah sewaktu – waktu. Tentu saja beberapa faktor tersebut bisa berdampak / berpengaruh pada bisnis yang terkait dengan produk – produk poliester terutama yang bertujuan besar / dominan dipasarkan ke pasar luar negeri / ekspor.

 

Fundamental :

Penulis menilai, saat review ini ditulis valuasi saham INDR telah atau masih undervalue ditunjukkan dengan tingkat PER INDR 2,57x dan tingkat PBV INDR 0,45x vs tingkat ROE INDR 18,40% di level harga 4730/share. … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan].

Berdasarkan LK emiten INDR kuartal 4Q21/FY21, PT. Indo-Rama Synthetics Tbk. menunjukkan performa atau kinerja yang bisa dinilai MENARIK, … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan].

[Uraian mengenai fundamental dibatasi, selengkapnya hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

 

Sejauh ini berdasarkan catatan – catatan INDR tersebut, apakah potensi INDR bisa dinilai menarik terlebih di tengah inflasi Dolar AS dan ketidakpastian supercycle komoditas ?

Review secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif di atas Penulis pikir cukup menjelaskan secara prudent dan konservatif mengenai saham INDR setidaknya untuk saat ini. But, dari beberapa poin yang terpenuhi di atas maka poin terpenting selanjutnya terkait “Tindakan yang ideal untuk dilakukan selanjutnya Pada Saham INDR” berdasarkan pada laporan keuangan tentu diuraikan lebih detail hanya pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan.

 

Emiten : Saham INDR – PT. Indo-Rama Synthetics Tbk.
Rating Fundamental — — (saat review) : Menarik / Biasa Saja / Buruk
Pada Harga IDR 4,730/lembar, Rating Valuasi Saham INDR : B (Murah)
Pada Harga IDR 4,730/lembar, Margin to Fair Saham INDR : + 50%

“Successful Investing Takes Time, Discipline and Patience”
** Warren Buffet **


Rating Valuasi Saham : A (Sangat Murah), B (Murah), C (Hampir Wajar), D (Wajar), E (Hampir Mahal).
Rating Valuasi Saham mempertimbangkan : PBV, PER, ROE, DER, QV (Qualitative Value), RR (Risk Rate) dan HSP (Historis Stock Price) pada saat penilaian atau pengukuran Rating Valuasi Saham tersebut.


Kenapa analisis dalam kaidah value investing sangat penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member andrianoktianto.com.

Temukan hasil review saham – saham pilihan selanjutnya hanya dengan registrasi atau join membership andrianoktianto.com (klik disini) dan dapatkan review lengkap saham – saham pilihan di Ebook Kuartalan andrianoktianto.com sesuai kaidah Value Investing – Warren Buffet / Benjamin Graham (klik disini).


TagLine : value investing indonesia andrianoktianto.com // value investing saham // investasi saham pemula // investasi saham berpengalaman // value investor Indonesia // metode value investing // saham value investing indonesia