INTEGRA INDOCABINET (SAHAM WOOD) – th. 2021

WOOD salah satu saham industri furnitur dan kayu terkemuka di Indonesia, akankah saham Integra Indocabinet mampu “melejit” di tahun 2021 ?

 

Emiten : Saham WOOD – PT. Integra Indocabinet Tbk.
Harga Saham (saat publish/posting) : IDR 710/lembar
Level IHSG (saat publish/posting) : 6,628 – Oktober 2021

 

PT. Integra Indocabinet Tbk. atau WOOD bergerak di bidang industri furnitur dan industri kayu, barang dari kayu dan gabus dan barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya. Emiten WOOD merupakan produsen kayu terintegrasi vertikal terbesar di Indonesia, dimana produk dari perusahaan WOOD di pasarkan dan di jual di dalam dan luar negeri, pangsa pasar ekspor terbesarnya adalah di Amerika (setidaknya untuk saat ini) yang mana inilah salah satu dasar acuan ada potensi positif jika dan hanya jika persoalan Perang Dagang antar China dan Amerika masih menjadi issue yang “hangat” dimana tentunya produk – produk dari Indonesia atau negara lain tertentu memiliki harga yang jelas lebih terjangkau atau “bersaing” dengan produk negara lain, meski persoalan Perang Dagang antar China dan Amerika bukan poin utama dari menariknya saham WOOD, mengingat pertumbuhan permintaan produk – produk furniture – mebel ke pasar Amerika masih tinggi dikarenakan adanya anti-dumping and anti-subsidy duty pada produk furniture and building component asal negara China, serta meningkatnya penjualan rumah di pinggiran kota (Amerika).

Perlu untuk diketahui bahwa WOOD memiliki pangsa pasar paling tinggi di sektor industri manufaktur mebel, dimana pada tahun 2014 saja terdapat sekitar 965 manufaktur mebel kayu di Indonesia dan hanya 27% yang dapat dikategorikan sebagai manufaktur besar dengan dengan luas fasilitas produksi lebih dari 25 hektar dan kapasitas produksi lebih dari 10 kontainer per bulan. Jelas sekali WOOD ini memiliki pangsa pasar paling tinggi daripada industri furniture mebel lainnya, setidaknya hingga saat ini.

Perolehan pangsa pasar terbesar WOOD di dukung oleh pelanggan atau klien Integra yang bergerak di berbagai lini sektor yang kuat seperti : Target & COSTCO (pasar retail), IKEA & ROOMS TO GO (toko furniture), LEXINGTON (butik dan toko furniture), Amazon.com & Traget.com (toko online), ASTON International, HARRIS Hotels & CIPUTRA (hotel dan apartemen) dan Sekolahan (pemerintahan).

 

Perkembangan terkini (beberapa poin menarik) :

  • Emiten / saham WOOD merupakan perusahaan go publik khususnya di bidang furniture dan mebel atau olahan kayu yang saat review ini ditulis memiliki pelanggan terkemuka di berbagai lini sektor seperti COSTCO, IKEA, LEXINGTON, Amazon.com, ASTON International, HARRIS Hotels, CIPUTRA dan sebagainya.
  • Emiten / saham WOOD merupakan perusahaan go publik khususnya di bidang furniture dan mebel atau olahan kayu yang saat review ini ditulis memiliki pangsa pasar paling tinggi di sektor industri manufaktur mebel atau furniture. Pangsa pasar ekspor terbesar ada di Amerika, dimana penjualan pasar AS tumbuh signifikan sebesar 96% YOY di tahun 2020 (sebagai catatan, penjualan WOOD di tahun 2020 didominasi dari pasar ekspor sebesar 81,6% dan 18,4% dari pasar domestik).
  • Emiten / saham WOOD merupakan satu – satunya perusahaan go publik khususnya di bidang furniture dan mebel atau olahan kayu yang saat review ini ditulis memiliki Brand atau Merk paling kuat, Anda bisa bandingkan nilai kualitatif (Brand atau Merk) WOOD dengan emiten go publik sejenis.
  • Emiten / saham WOOD menjadi salah satu perusahaan Indonesia dibidang olahan kayu yang telah dilengkapi dengan berbagai sertifikasi yang dipersyaratkan dunia seperti SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu), FSC (Forest Stewardship Council), V-Legal dan ISO 9001. Tentu saja dengan berbagai sertifikasi yang telah dimiliki emiten WOOD tersebut maka akan sangat berdampak positif bagi industri di bidang pengolahan produk berbahan dasar kayu di Indonesia salah satunya seperti emiten WOOD.
  • Emiten / saham WOOD terimbas positif dari full of furniture kebutuhan gaya hidup era milenial terkait revolusi industri 4.0 atau Internet Of Things dimana pasti bukan hal asing ketika menemukan caffe dan resto yang mana “dituntut” untuk Instagramable guna memenuhi “kebutuhan” para milenial sehingga tentu nya dalam membuat sebuah caffe ataupun resto yang Instagramable tentunya butuh Custome Furniture or mebel untuk mendukung tema – tema pada resto dan caffe tersebut, yang mana hal tersebut berpotensi meningkatkan permintaan akan furniture dan mebel. Selain di dalam negeri, di US / Amerika (pasar terbesar emiten WOOD) menunjukkan adanya peningkatan permintaan furniture dan mebel, ternyata konsumen emiten WOOD di US / Amerika cenderung suka melakukan dekorasi rumah pada saat WFH (pandemi COVID-19). Artinya permintaan akan furniture dan mebel masih akan tinggi di era 4.0 (terlepas dari masih adanya persoalan pandemi COVID-19 untuk saat ini).
  • Emiten WOOD telah menyediakan belanja modal (capital expenditure/capex) sekitar IDR 100 miliar – IDR 120 miliar di sepanjang tahun 2021 guna tujuan ekspansi bisnis dan pemeliharaan alat-alat produksi WOOD, tentu saja hal ini bisa dinilai menarik mengingat belanja modal (capital expenditure/capex) lebih banyak / dominan untuk tujuan ekspansi.

 

Faktor terkait :

Perubahan nilai kurs mata uang asing utamanya US dollar dan kebijakan perdagangan Negara – Negara tujuan ekspor seperti Amerika tentu tidak selalu berada pada kestabilan yang pasti atau dengan kata lain bisa berubah sewaktu – waktu. Tentu saja beberapa faktor tersebut bisa berdampak / berpengaruh pada bisnis yang terkait dengan industri olahan kayu seperti furniture dan mebel terutama yang bertujuan besar / dominan dipasarkan ke pasar luar negeri / ekspor.

 

Fundamental :

Berdasarkan LK emiten WOOD kuartal 2Q21/1H21, PT. Integra Indocabinet Tbk. menunjukkan performa atau kinerja yang bisa dinilai MENARIK, … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

[Uraian mengenai fundamental dibatasi, selengkapnya hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

 

Sejauh ini berdasarkan catatan – catatan WOOD tersebut, apakah potensi WOOD bisa dinilai menarik utamanya sebagai salah satu perusahaan dengan pangsa pasar paling tinggi di sektor industri manufaktur mebel di Indonesia ?

Review secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif di atas Penulis pikir cukup menjelaskan secara prudent dan konservatif mengenai saham WOOD setidaknya untuk saat ini. But, dari beberapa poin yang terpenuhi di atas maka poin terpenting selanjutnya terkait “Tindakan yang ideal untuk dilakukan selanjutnya Pada Saham WOOD” berdasarkan pada laporan keuangan tentu diuraikan lebih detail hanya pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan.

 

Emiten : Saham WOOD – PT. Integra Indocabinet Tbk.
Rating Fundamental — — (saat review) : Menarik / Biasa Saja / Buruk
Pada Harga IDR 765/lembar, Rating Valuasi Saham WOOD : C (Hampir Wajar)
Pada Harga IDR 765/lembar, Margin to Fair Saham WOOD : + 25%

 

“Successful Investing Takes Time, Discipline and Patience”
** Warren Buffet **


Rating Valuasi Saham : A (Sangat Murah), B (Murah), C (Hampir Wajar), D (Wajar), E (Hampir Mahal).
Rating Valuasi Saham mempertimbangkan : PBV, PER, ROE, DER, QV (Qualitative Value), RR (Risk Rate) dan HSP (Historis Stock Price) pada saat penilaian atau pengukuran Rating Valuasi Saham tersebut.


Kenapa analisis dalam kaidah value investing sangat penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member andrianoktianto.com.

Temukan hasil review saham – saham pilihan selanjutnya hanya dengan registrasi atau join membership andrianoktianto.com (klik disini) dan dapatkan review lengkap saham – saham pilihan di Ebook Kuartalan andrianoktianto.com sesuai kaidah Value Investing – Warren Buffet / Benjamin Graham (klik disini).


TagLine : value investing indonesia andrianoktianto.com // value investing saham // investasi saham pemula // investasi saham berpengalaman // value investor Indonesia // metode value investing // saham value investing indonesia