PANCA MITRA MULTIPERDANA (SAHAM PMMP) – th. 2021

8/7/2021, 11:06 WIB

PMMP salah satu saham bisnis olahan udang (termasuk eksportir udang terbesar di Indonesia) dengan valuasi termurah serta kinerja menarik, akankah saham Panca Mitra Multiperdana “lanjut naik” ke valuasi wajarnya atau bahkan “melejit” di tahun 2021 ?

 

Emiten : Saham PMMP – PT. Panca Mitra Multiperdana Tbk.
Harga Saham (saat publish/posting) : IDR 420/lembar
Level IHSG (saat publish/posting) : 6,061 – Juli 2021

 

PT. Panca Mitra Multiperdana Tbk. atau PMMP bergerak di bidang industri pengolahan udang, pembekuan udang dan perdagangan dengan merek Leader dan Ebinoya. Selain berkantor pusat di kota Surabaya, emiten PMMP telah memiliki 7 fasilitas produksi yang terletak di Situbondo dan Tarakan dengan kapasitas produksi mencapai kurang lebih 25,000 ton/tahun. Produk utama PMMP terbagi menjadi 3 kategori utama, yakni Raw Shrimp, Cooked Shrimp dan Value Added Shrimp, dengan tujuan ekspor ke lebih dari 5 negara di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat, dimana penjualan produk emiten PMMP paling banyak didominasi oleh dua importir utama, yakni Amerika Serikat dan Jepang. Jadi, sejauh ini Emiten PMMP telah berhasil ekspor ke berbagai macam market di dunia.

Emiten PT. Panca Mitra Multiperdana Tbk. atau PMMP merupakan salah satu saham / emiten pilihan andrianoktianto.com yang belum lama “berada” di bursa saham Indonesia mengingat saham / emiten PMMP baru saja IPO tahun 2020, dimana emiten PMMP pada saat itu telah menawarkan sebanyak 353 juta saham atau setara 15 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan harga penawaran sebesar IDR 336/saham yang mana emiten PMMP “mengantongi” perolehan dana hasil IPO sebesar IDR 118,6 miliar. Jika Anda ingat, pemilihan saham / emiten PMMP yang merupakan saham baru IPO tersebut hampir sama dengan pemilihan saham / emiten WOOD beberapa tahun lalu, hanya saja pertimbangannya tentu saja berbeda dalam beberapa hal tertentu.

Beberapa poin utama / pertimbangan yang membuat saham / emiten PMMP bisa dinilai MENARIK (saat review ini ditulis) yakni berdasarkan prospektus dan laporan keuangan terkait, hasil IPO dari saham / emiten PMMP digunakan untuk tujuan ekspansi dan modal kerja, valuasi saham / emiten PMMP bisa dinilai murah dan ekuitas perusahaan PMMP yang terus bertumbuh (berdasarkan prospektus selama 3 tahun berturut – turut) serta emiten PMMP termasuk salah satu eksportir udang terbesar di Indonesia, dengan jumlah volume tonase ekspor udang nomor dua terbesar di Indonesia pada tahun 2019, dengan tujuan ekspor utama Amerika Serikat dan Jepang.

 

Perkembangan terkini (beberapa poin menarik) :

  • Emiten PMMP (th. 2021) telah mengamankan kontrak penjualan senilai US$ 90 juta per Februari 2021 atau setara 47% dari target pendapatan tahun 2021 yakni US$ 190 juta.
  • Emiten PMMP (th. 2021) berhasil memperoleh kontrak dan pelanggan baru dari Inggris Raya, dimana kontrak penjualan tersebut senilai US$ 7 juta – US$ 8 juta dengan jangka waktu kontrak sampai dengan Desember 2021.
  • Emiten PMMP (th. 2021) melakukan ekspansi pembangunan pabrik ke-8 di Situbondo, Jawa Timur dengan nilai investasi sekitar IDR 75 miliar dengan tujuan untuk meningkatkan produk bernilai tambah (value added). Pabrik ditargetkan akan mulai bisa beroperasi pada bulan Juli 2021 / Agustus 2021.
  • Emiten PMMP (th. 2021) melakukan ekspansi pasar hingga ke Uni Eropa (emiten PMMP telah memperoleh sertifikasi ASC, sertifikasi tersebut dibutuhkan untuk melakukan ekspor ke Uni Eropa), dimana emiten PMMP berharap bisa mulai melakukan ekspor ke Uni Eropa tahun 2021.
  • Emiten PMMP (th. 2021) melakukan peluncuran brand baru untuk pasar domestik bernama Ebinoya dan meningkatkan porsi penjualan produk value added (pasokan produk value added saat ini masih sangat sedikit sedangkan jumlah permintaan sangat tinggi, sehingga bisa memiliki marjin yang lebih menarik).
  • Emiten PMMP memiliki kegiatan usaha dan penjualan yang tidak terdampak efek adanya pandemi COVID-19, mengingat emiten PMMP berfokus pada pasar ekspor (Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020, industri ekspor dan kebutuhan pangan dikecualikan dari Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar).

 

Faktor terkait :

Perubahan nilai kurs mata uang asing utamanya US dollar dan kebijakan perdagangan Negara – Negara tujuan ekspor tentu tidak selalu berada pada kestabilan yang pasti atau dengan kata lain bisa berubah sewaktu – waktu. Selain itu, kebijakan Indonesia (dalam negeri) terkait pajak yang dibebankan pada industri ekspor tentu akan berpengaruh. Tentu saja beberapa faktor tersebut bisa berdampak / berpengaruh pada bisnis yang terkait dengan industri olahan udang terutama yang bertujuan besar / dominan dipasarkan ke pasar luar negeri / ekspor.

 

Fundamental :

Penulis menilai, saat review ini ditulis valuasi saham PMMP telah atau masih undervalue ditunjukkan dengan tingkat PER PMMP 3,34x dan tingkat PBV PMMP 0,87x vs tingkat ROE PMMP 26,16% di level harga 370/share. Namun, tentu saja posisi fundamental PMMP bisa berubah tergantung dari performa emiten PMMP kedepannya.

Berdasarkan LK emiten PMMP kuartal 1Q21/3M21, PT. Panca Mitra Multiperdana Tbk. menunjukkan performa atau kinerja yang bisa dinilai Not Bad namun cenderung menarik, … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

Berdasarkan Prospektus emiten PMMP, Panca Mitra Multiperdana menunjukkan performa atau kinerja yang bisa dinilai cukup konsisten MENARIK secara YOY dalam kurun waktu tahun 2017 – 2020, … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

[Uraian mengenai fundamental dibatasi, selengkapnya hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

 

Sejauh ini berdasarkan catatan – catatan PMMP tersebut, apakah potensi PMMP bisa dinilai cukup menarik, utamanya sebagai salah satu eksportir udang terbesar di Indonesia ?

Review secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif di atas Penulis pikir cukup menjelaskan secara prudent dan konservatif mengenai saham PMMP setidaknya untuk saat ini. But, dari beberapa poin yang terpenuhi di atas maka poin terpenting selanjutnya terkait “Tindakan yang ideal untuk dilakukan selanjutnya Pada Saham PMMP” berdasarkan pada laporan keuangan tentu diuraikan lebih detail hanya pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan.

 

Emiten : Saham PMMP – PT. Panca Mitra Multiperdana Tbk.
Rating Fundamental — — (saat review) : Menarik / Biasa Saja / Buruk
Pada Harga IDR 370/lembar, Rating Valuasi Saham PMMP : B (Murah)
Pada Harga IDR 370/lembar, Margin to Fair Saham PMMP : + 50%

 

“Successful Investing Takes Time, Discipline and Patience”
** Warren Buffet **


Rating Valuasi Saham : A (Sangat Murah), B (Murah), C (Hampir Wajar), D (Wajar), E (Hampir Mahal).
Rating Valuasi Saham mempertimbangkan : PBV, PER, ROE, DER, QV (Qualitative Value), RR (Risk Rate) dan HSP (Historis Stock Price) pada saat penilaian atau pengukuran Rating Valuasi Saham tersebut.


Kenapa analisis dalam kaidah value investing sangat penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member andrianoktianto.com.

Temukan hasil review saham – saham pilihan selanjutnya hanya dengan registrasi atau join membership andrianoktianto.com (klik disini) dan dapatkan review lengkap saham – saham pilihan di Ebook Kuartalan andrianoktianto.com sesuai kaidah Value Investing – Warren Buffet / Benjamin Graham (klik disini).


TagLine : value investing indonesia andrianoktianto.com // value investing saham // investasi saham pemula // investasi saham berpengalaman // value investor Indonesia // metode value investing // saham value investing indonesia


 

 

 

INTEGRA INDOCABINET (SAHAM WOOD) – th. 2021

WOOD salah satu saham industri furnitur dan kayu terkemuka di Indonesia, akankah saham Integra Indocabinet ...

INDIKA ENERGY (SAHAM INDY) – th. 2021

INDY supercycle komoditas khususnya BATUBARA, bagaimana “respon” saham Indika Energy di tahun 2021 ?   ...

BUKIT ASAM (SAHAM PTBA) – th. 2021

PTBA supercycle komoditas khususnya BATUBARA, bagaimana “respon” saham Bukit Asam di tahun 2021 ?   ...

INDAH KIAT PULP AND PAPER (SAHAM INKP) – th. 2021

INKP salah satu saham industri pulp and paper terkemuka di Indonesia dengan valuasi termurah serta ...

PP LONDON SUMATRA INDONESIA (SAHAM LSIP) – th. 2021

LSIP salah satu saham perkebunan swasta terbesar dan tertua di Indonesia dengan valuasi termurah serta ...

E-BOOK REVIEW ATAS LAPORAN KEUANGAN KUARTAL II – TAHUN 2021

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal II – Tahun 2021   Dear investor dari berbagai ...