PELITA SAMUDRA SHIPPING (SAHAM PSSI) – th. 2022

PSSI supercycle komoditas khususnya BATUBARA, bagaimana “respon” saham Pelita Samudra Shipping di tahun 2022 ?

 

Emiten : Saham PSSI – PT. Pelita Samudra Shipping Tbk.
Harga Saham (saat publish/posting) : IDR 615/lembar
Level IHSG (saat publish/posting) : 7,037 – Juni 2022

 

PT. Pelita Samudra Shipping Tbk. atau PSSI bergerak di bidang penyedia solusi logisitik dan transportasi laut yang terintegrasi kepada perusahaan – perusahaan pertambangan batu bara dan mineral di Indonesia. PSSI berupaya menjadi penyedia utama solusi industrial dan maritim yang terintegrasi untuk beragam kebutuhan logistik dan transportasi laut di Asia.

PSSI berdiri sejak tahun 2007, merupakan bagian dari IMC Group-penyedia utama solusi industrial dan maritim terintegrasi untuk aneka-ragam keperluan logistik dan transportasi laut untuk muatan kering atau likuid di Asia, saat ini PSSI telah memiliki 87 unit kapal terdiri dari 39 unit Kapal Tunda, 39 unit Tongkang (1 unit ukuran 270-feet, 29 unit ukuran 300-feet dan 9 unit ukuran 330-feet), 3 unit Floating Loading facility (FLF) dan 6 unit Kapal Kargo Curah (2 unit Supramax dan 4 unit Handysize).

PSSI adalah perusahaan penyedia solusi logisitik dan transportasi laut yang terkemuka di Indonesia selama 15 tahun untuk pengangkutan dan pemindahan muatan batubara terintegrasi yang menyediakan fasilitas kapal tunda dan kapal tongkang, fasilitas muatan apung, fasilitas bongkar muat apung dan Mother Vessel Handymax yang merupakan fasilitas bernilai tambah bagi konsumen PSSI. Perlu diketahui bahwa PSSI juga menjadi pelopor fasilitas muatan apung dimana seluruh operasi didukung oleh ISO Management System 9001:2015 Total Quality Management, ISO 14001:2015 Environmental Management System dan juga OHSAS 18001:2007 Occupational Health and Safety Assessment Series.

Emiten PSSI bisa dinilai ideal memiliki performa yang erat kaitannya dengan perkembangan harga komoditas batubara dan mineral atau perkembangan aktivitas perusahaan – perusahaan pertambangan batu bara dan mineral di Indonesia. Jadi, saham atau emiten PSSI ini seharusnya akan menjadi menarik ketika harga komoditas batubara dan / atau mineral naik – stabil “di atas” serta gencarnya atau maraknya aktivitas perusahaan – perusahaan pertambangan batu bara, mineral dan yang terkait. Nah, menariknya di sepanjang tahun 2021/2022 sebagian besar harga komoditas naik signifikan dibandingkan tahun sebelumnya bahkan kurun waktu 5 tahun terakhir, dimana diperkirakan Supercycle Komoditas sedang / akan berlangsung selama beberapa waktu kedepan. Hal tersebut tentunya bisa menjadi potensi menarik bagi bisnis seperti emiten PT. Pelita Samudra Shipping Tbk. atau PSSI.

 

Perkembangan terkini (beberapa poin menarik) :

  • Emiten / saham PSSI di tahun 2022 menganggarkan belanja modal senilai US$ 12 juta – US$ 15 Juta yang akan digunakan untuk menggenjot diversifikasi pendapatan usaha melalui sejumlah peremajaan pada aset emiten PSSI.
  • Emiten / saham PSSI memperkuat diversifikasi pendapatan usaha dari segmen non batubara, namun demikian di tahun 2022 emiten PSSI masih akan dikontribusi lebih banyak dari segmen pengangkutan batubara.

 

Faktor terkait :

Saat ini (sejak pertengahan tahun 2021 – menginjak pertengahan tahun 2022) sebagian besar harga komoditas dunia termasuk harga komoditas batubara dan mineral mengalami Supercycle Komoditas atau kenaikan harga komoditas hingga ATH (All Time High) atau setidaknya tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Tentu saja beberapa faktor tersebut bisa berdampak / berpengaruh “mendorong” utamanya / diantaranya pada bisnis jasa logisitik dan transportasi laut yang terintegrasi pada perusahaan – perusahaan pertambangan batu bara dan mineral.

Perubahan nilai kurs mata uang asing utamanya US dollar tentu tidak selalu berada pada kestabilan yang pasti atau dengan kata lain bisa berubah sewaktu – waktu. Tentu saja faktor tersebut bisa berdampak / berpengaruh pada bisnis yang utamanya menggunakan mata uang asing atau US dollar atau lainnya sebagai mata uang fungsional suatu entitas.

 

Fundamental :

Penulis menilai, saat review ini ditulis valuasi saham PSSI telah atau masih undervalue ditunjukkan dengan tingkat PER PSSI 6,25x dan tingkat PBV PSSI 2,01x vs tingkat ROE PSSI 31,98% di level harga 655/share. … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan].

Berdasarkan LK emiten PSSI kuartal 1Q22/3M22, PT. Pelita Samudra Shipping Tbk. menunjukkan performa atau kinerja yang bisa dinilai MENARIK, … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan].

[Uraian mengenai fundamental dibatasi, selengkapnya hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

 

Sejauh ini berdasarkan catatan – catatan PSSI tersebut, apakah potensi PSSI bisa dinilai menarik terlebih saat Komoditas telah masuk periode Supercycle ?

Review secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif di atas Penulis pikir cukup menjelaskan secara prudent dan konservatif mengenai saham PSSI setidaknya untuk saat ini. But, dari beberapa poin yang terpenuhi di atas maka poin terpenting selanjutnya terkait “Tindakan yang ideal untuk dilakukan selanjutnya Pada Saham PSSI” berdasarkan pada laporan keuangan tentu diuraikan lebih detail hanya pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan.

 

Emiten : Saham PSSI – PT. Pelita Samudra Shipping Tbk.
Rating Fundamental — — (saat review) : Menarik
Pada Harga IDR 655/lembar, Rating Valuasi Saham PSSI : B (Murah)
Pada Harga IDR 655/lembar, Margin to Fair Saham PSSI : + 25%

 

“Successful Investing Takes Time, Discipline and Patience”
** Warren Buffet **


Rating Valuasi Saham : A (Sangat Murah), B (Murah), C (Hampir Wajar), D (Wajar), E (Hampir Mahal).
Rating Valuasi Saham mempertimbangkan : PBV, PER, ROE, DER, QV (Qualitative Value), RR (Risk Rate) dan HSP (Historis Stock Price) pada saat penilaian atau pengukuran Rating Valuasi Saham tersebut.


Kenapa analisis dalam kaidah value investing sangat penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member andrianoktianto.com.

Temukan hasil review saham – saham pilihan selanjutnya hanya dengan registrasi atau join membership andrianoktianto.com (klik disini) dan dapatkan review lengkap saham – saham pilihan di Ebook Kuartalan andrianoktianto.com sesuai kaidah Value Investing – Warren Buffet / Benjamin Graham (klik disini).


TagLine : value investing indonesia andrianoktianto.com // value investing saham // investasi saham pemula // investasi saham berpengalaman // value investor Indonesia // metode value investing // saham value investing indonesia