Petrosea : Lighthouse Industri 4.0 Tingkat Dunia :: Saham PTRO (2019) ?

17/10/2019, 08:57 WIB

Saham PTRO Menarik ? : Mulai dari salah satu dari dua perusahaan asal Indonesia yang masuk menjadi 10 perusahaan lighthouse/Global Lighthouse Network atau percontohan industri 4.0 [berdasarkan laporan World Economic Forum (WEF)], valuasi saham PTRO yang mulai kembali MURAH hingga konsistensi peningkatan kinerja [Pendapatan & Laba ; recovery fundamental progress] PTRO 5 tahun terakhir, maka Apakah saat ini merupakan peluang menarik untuk memiliki saham PTRO ?

Apakah harga saham PTRO sanggup mencapai ke >1,650/share ?.

(GAMBAR PTRO)

[ Jika Anda sering berkunjung ke situs andrianoktianto.com, pasti Anda ingat beberapa waktu lalu Penulis sempat memberikan potensi dari menariknya saham – saham pilihan yang akhirnya melejit (sebelum harga sahamnya sempat retracement ekstrem akibat panic selling effect pada akhir kuartal III tahun 2018, pertengahan Mei 2019 & awal Agustus 2019) tinggi seperti saham WOOD yang bisa Anda baca [ disini ], saham KINO yang bisa Anda baca [ disini ], saham UNVR yang bisa Anda baca [ disini ], saham SILO yang bisa Anda baca [ disini ], saham MNCN yang bisa Anda baca [ disini ] serta beberapa saham lainnya. Menariknya kali ini Penulis akan memberikan artikel terkait analisis saham PTRO di bawah ini jadi silahkan baca hingga tuntas. Jika Anda ingin baca artikel saham – saham pilihan andrianoktianto.com lainnya bisa Anda baca (disini) ]

[ sebelum Anda membaca artikel soal analisis saham PTRO maka penulis menyarankan alangkah lebih baik lagi Anda membaca (artikel ini) untuk lebih memahami pentingnya mindset value investing setelah hasil analisis itu sendiri ]

Hasil analisis [terbatas] saham PTRO ini di publish via Website andrianoktianto.com pada Oktober 2019 atau saat harga saham PTRO dikisaran 1,355/share. Tentunya E-book review analisis saham PTRO telah di publish lebih dulu secara RealTime via email dengan versi hasil review yang tentu lebih lengkap (pasca pertengahan tahun 2019).


Berikut adalah review Penulis yang tertuang pada Ebook Kuartalan 2Q19/1H19 saham PTRO yang telah terbit beberapa waktu lalu atau pasca pertengahan tahun 2019 [Catatan : Anda bisa membacanya dibawah ini]

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartalan [2Q19/1H19] saham PTRO ini terbit lebih dulu via email sejak pasca pertengahan tahun 2019.


Yups, saham selanjutnya yang masuk sebagai saham pilihan Penulis 2Q19/1H19 adalah saham yang sempat menunjukkan kenaikan harga saham hingga hampir 900% atau 9 kali lipat ! mulai awal tahun 2016 hingga mencapai puncaknya di kuartal pertama tahun 2018 sebelum akhirnya retracement hingga saat review ini ditulis, yaitu saham PTRO atau PT. Petrosea Tbk. .

Anda sadari atau tidak, secara historis kenaikan serta penurunan harga saham PTRO cukup similar dengan historis kenaikan dan penurunan harga komoditas energi secara signifikan khususnya adalah komoditas batubara.

Penulis cukup yakin sebagian besar dari Anda tentunya tidak asing dengan saham PTRO, mengingat hingga saat review ini ditulis saham PTRO beberapa persen juga dimiliki oleh Warren Buffet-nya Indonesia yaitu Bapak Lo Kheng Hong.

Jadi, meski sebagian besar dari Anda sudah tahu tentang PT. Petrosea Tbk. namun Penulis tetap akan uraikan tentang perusahaan yang telah di akuisisi oleh PT. Indika Energy Tbk. ini, here we go !

PT. Petrosea Tbk. atau PTRO adalah perusahaan yang bergerak di bidang Kontrak Pertambangan, Rekayasa & Konstruksi serta jasa minyak & gas bumi. PTRO telah didirikan sejak tahun 1972 atau bisa dikatakan telah memiliki pengalaman selama 47 tahun sebagai salah satu kontraktor di Indonesia yang menyediakan jasa pertambangan terpadu pit-to-port, kemampuan Rekayasa & Konstruksi yang terintegrasi serta jasa logistik.

Pada tanggal 21 Mei 1990, Petrosea resmi menjadi perusahaan Rekayasa & Konstruksi pertama di Indonesia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham PTRO. Pada tahun 2009, PTRO diakuisisi oleh perusahaan energi di Indonesia yang menyediakan solusi energi terpadu melalui investasinya di bidang sumberdaya energi, jasa dan infrastruktur yaitu PT. Indika Energy Tbk. atau INDY yang mana sampai dengan saat ini total kepemilikan INDY atas PTRO adalah sebesar 69,80%. Pada tahun 2015, PTRO Petrosea melalui salah satu anak perusahaannya, yaitu PT. POSB Infrastructure Indonesia mengakuisisi 51,25% saham PT. Mahaka Industri Perdana. Pada tahun 2016, PTRO diresmikan oleh Pemerintah Indonesia sebagai operator Pusat Logistik Berikat (PLB) untuk sektor minyak & gas bumi yang berlokasi di Tanjung Batu, Balikpapan, Kalimantan Timur, tentu saja persmian sebagai operator PLB bisa dinilai sebagai makna pandangan positif terhadap PT. Petrosea Tbk. . Pada tahun 2017, PTRO meresmikan Petrosea OffshoreSupply Base (POSB) Sorong untuk memberikan dukungan dan layanan kepada sektor minyak & gas bumi di wilayah Indonesia Timur, keputusan tersebut pastinya sebagai bentuk keseriusan PTRO terhadap bisnis dan dukungan untuk Negara Indonesia khususnya di sektor minyak & gas bumi. Selain aksi korporasi berupa akuisisi, di tahun 2018 PTRO juga sempat melakukan pelepasan beberapa perusahaan yaitu pelepasan kepemilikan saham di PT. Santan Batubara sebanyak 99.999 lembar saham kepada PT. Harum Energy Tbk. atau HRUM dan 1 lembar saham kepada PT. Sentral Batubara Jawa dan pelepasan seluruh kepemilikan saham di PT. Kariangau Gapura Terminal Energi kepada PT. Interport Mandiri Abadi.

[[ penting untuk diketahui bahwa PT. Petrosea Tbk. atau PTRO adalah salah satu dari dua perusahaan asal Indonesia yang masuk menjadi 10 perusahaan lighthouse/Global Lighthouse Network atau percontohan industri 4.0 berdasarkan laporan World Economic Forum (WEF) pada Annual Meeting of the New Champions di Dalian, China, 03 Juli 2019. Dimana delapan perusahaan lighthouse yang lain adalah Arçelik (Ulmi, Romania), Ford Otosan (Kocaeli, Turki), Nokia (Oulu, Finlandia) dan Posco (Pohang, Korea Selatan) ]]

Okey, sampai disini Penulis pikir Anda sudah tahu sedikit banyak soal Petrosea. But, uraian soal PTRO belum selesai sampai disini. Perlu untuk di ketahui atau disadari bahwa PTRO erat kaitannya dengan harga komoditas energi khususnya batubara dan minyak mentah dunia, mengingat jasa bisnis dari PTRO terkait erat dengan komoditas tersebut. Secara proporsi berdasarkan LK tahunan 2018, pendapatan PTRO dikontribusi dari 56,80% Kontrak Pertambangan, 27,97% Rekayasa & Kontruksi, 14,66% Jasa Logistik dan Pendukung Kegiatan Minyak & Gas Bumi dan 0,57% Bisnis Lainnya.

So, jika Anda memilih untuk tertarik pada saham PTRO maka harus juga memperhatikan perkembangan harga komoditas energi khususnya batubara dan minyak mentah dunia mengingat jasa bisnis dari PTRO terkait erat dengan komoditas tersebut, yang mana tentu sedikit banyak akan punya dampak pada performa PTRO secara fundamental.

Lalu, apa yang membuat saham PTRO menarik setidaknya sampai dengan saat review ini ditulis ?. Let’s chek this out !

Perlu untuk Penulis tegaskan dahulu bahwa performa fundamental PTRO dalam kurun waktu 5 tahun menunjukkan kenaikan Pendapatan, Laba Bersih dan fundamental recovery [Catatan : ditunjukkan dengan rasio keuangan ROE yang terus meningkat] yang konsisten dan cukup signifikan dimana performa tersebut tercermin pada LK tahunan PTRO, jadi jika menilainya dalam rentang waktu 5 tahun terakhir [Baca : di bandingkan secara YOY] maka hasilnya saham PTRO layak memperoleh saham dengan kualitas performa fundamental yang cukup bagus atau ideal dengan tetap memperhatikan perkembangan harga komoditas energi.

[Dari sini Penulis sangat paham bahwa kenapa saham PTRO ini menjadi salah satu “pegangan” Warren Buffet-nya Indonesia. U know what I mean, guys !]

Sederhananya atau secara ringkas, Penulis memasukkan saham PTRO sebagai saham pilihan bukan hanya karena dasar LK kuartalan saja melainkan adanya “peluang” bagi Investor khususnya Value Investor bisa memanfaatkan saham seperti PTRO ini yang sedang berada pada valuasi saham yang mana memungkinkan ideal untuk dilakukan tindakan investasi saham, mengingat saat review ini ditulis harga saham PTRO sedang pada fase retracement ekstrem dengan kondisi valuasi yang sudah mulai kembali MURAH [ Baca : PER < 10x dan PBV <1x ].

Jadi, harga saham PTRO saat review ini ditulis berada pada [kisaran ideal u/ dilakukan akumulasi] menjelang kuartal 3 ; tahun 2019 [Baca : tahun kalender], yang mana itu artinya secara historis harga saham [Catatan : bukan fluktuasi harga saham] PTRO saat ini atau Oktober 2019 telah dipastikan memasuki yang namanya harga layak akumulasi ideal untuk investasi saham PTRO. Sebagai catatan, teknis penentuan harga layak akumulasi ideal untuk investasi saham telah Penulis jelaskan pada Workshop Value Investing Basic andrianoktianto.com .

By the way, sampai disini harusnya Anda paham apa maksud dari Penulis soal saham PTRO yang harus dimasukkan dalam daftar saham pilihan 2Q19/1H19.

Perlu untuk diperhatikan bahwa, hingga sampai dengan LK 2Q19/1H19 ini hasil performa atau kinerja PTRO masih Not Bad [Baca : belum signifikan menunjukkan kinerja yang menarik tapi juga tidak buruk] secara YOY.

Okay, secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif maka saham PTRO atau saham PT. Petrosea Tbk. ini menarik untuk dipilih sebagai StockPick 2Q19/1H19 atas dasar beberapa poin menarik berikut :

 

  • Pertama, PTRO membukukan pendapatan dan laba bersih yang terus naik konsisten secara berturut atau bisa disebut recovery fundamental progress, dimana pendapatan PTRO dan laba bersih PTRO naik >100% dalam kurun waktu 5 tahun terakhir,
  • Kedua, PTRO [Baca : harga saham] sedang pada fase retracement ekstrem dengan kondisi valuasi yang sudah mulai kembali MURAH [ Baca : PER < 10x dan PBV <1x ] pada [kisaran ideal u/ dilakukan akumulasi] menjelang kuartal 3 ; tahun 2019 [Baca : tahun kalender], dimana harga saham PTRO sempat menunjukkan kenaikan hingga hampir 900% atau 9 kali lipat ! mulai awal tahun 2016 hingga mencapai puncaknya di kuartal pertama tahun 2018. Menariknya, secara historis harga saham [Catatan : bukan fluktuasi harga saham] PTRO pada Oktober 2019 ini telah dipastikan berada pada valuasi saham yang mana memungkinkan ideal untuk dilakukan tindakan investasi saham PTRO,
  • Ketiga atau Terakhir, secara historis perkembangan harga komoditas batubara dan minyak dunia similar dengan historis harga saham PTRO. Menariknya, saat PTRO pada fase retracement ekstrem bersamaan dengan perkembangan harga komoditas batubara dan minyak dunia yang juga masih retracement, namun fundamental PTRO terus meningkat atau disebut recovery fundamental progress,

 

Review secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif di atas Penulis pikir cukup menjelaskan secara prudent dan konservatif mengenai saham PTRO setidaknya untuk saat ini. Selebihnya tentu saja secara lebih relevan berkelanjutan dalam pengambilan keputusan berinvestasi saham maka tunggu LK kuartal saham PTRO selanjutnya serta selalu perhatikan perkembangan harga komoditas batubara dan minyak mentah dunia. But, dari beberapa poin yang terpenuhi di atas maka poin terpenting selanjutnya terkait “Tindakan yang ideal untuk dilakukan selanjutnya Pada Saham PTRO” berdasarkan pada laporan keuangan 2Q19/1H19 akan diuraikan lebih detail yang tentu saja hanya pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan PTRO.


Di atas adalah review [TERBATAS] Penulis via Ebook Kuartalan (2Q19/1H19) saham PTRO. Yups ! saat review saham PTRO ini di publish via website andrianoktianto.com harga saham PTRO masih retracement dikisaran 1,355/share [per 17 Oktober 2019 – OPEN].

By the way, setelah tahu beberapa poin signifikan mengenai saham PTRO seperti yang telah di uraikan di atas maka akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham PTRO masih menarik untuk di akumulasi BELI ? dan apakah harga saham PTRO akan mampu naik cukup tinggi dari harga sahamnya saat ini ?. Let’s see the market !

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram andrianoktianto.com).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram andrianoktianto.com, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia andrianoktianto.com )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala andrianoktianto.com dan ingin mendapatkan hasil analisis andrianoktianto.com lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan andrianoktianto.com. Klik REGISTRASI —> disini

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (disini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing andrianoktianto.com ?. Klik —> (disini)

Apa itu Value Investing andrianoktianto.com ?. Klik —> (disini)

Profil dari Penulis ?. Klik —> (disini)

Saham Value Investing Indonesia – andrianoktianto.com

NB : Beberapa sumber (Berita Terkait) diolah dari berbagai media

E-book Review atas Laporan Keuangan Kuartal II – Tahun 2020

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal II – Tahun 2020   Dear investor dari berbagai ...

E-book Review atas Laporan Keuangan Kuartal I – Tahun 2020

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal I – Tahun 2020   Dear investor dari berbagai ...

GUDANG GARAM (Saham GGRM) – th. 2020

GGRM salah satu perusahaan produsen rokok terbesar di Indonesia, saat ini (th. 2020) sempat berada ...

BLUE BIRD (Saham BIRD) – th. 2020

Saham BIRD, IPO sejak akhir tahun 2014 dan mulai akan “melejit” di tahun 2020/2021 ? ...

ASTRA INTERNATIONAL (Saham ASII) – th. 2020

ASII sebagai perusahaan dengan beragam bisnis yang “menyentuh” hampir semua aspek kehidupan manusia melalui produk ...

WASKITA KARYA (Saham WSKT) – th. 2020

WSKT termasuk saham sektor konstruksi dimana perolehan proyeknya baik dari proyek pemerintah maupun proyek swasta ...