PRIMA GLOBALINDO LOGISTIK (SAHAM PPGL) – th. 2021

PPGL salah satu saham jasa pengurusan transportasi untuk export – import di Indonesia, akankah saham Prima Globalindo Logistik “melejit” di tengah peluang bisnis logistik di Indonesia yang semakin besar ?

 

Emiten : Saham PPGL – PT. Prima Globalindo Logistik Tbk.
Harga Saham (saat publish/posting) : IDR 135/lembar
Level IHSG (saat publish/posting) : 6,537 – Desember 2021

 

PT. Prima Globalindo Logistik Tbk. atau PPGL merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengurusan transportasi untuk export maupun import. Kegiatan usahanya meliputi jasa pengurusan transportasi yang mencakup semua kegiatan yang diperlukan bagi terlaksananya pengiriman dan penerimaan barang – barang melalui transportasi darat, laut ataupun udara yang dapat mencakup kegiatan penerimaan, penyimpanan sortasi, pengepakan pengadaan, pengukuran, penimbangan, pengurusan penyelesaian dokumen, penerbitan dokumen – dokumen angkutan, perhitungan biaya angkutan, klaim asuransi atas barang serta penyelesaian tagihan dan biaya – biaya lainnya berkenaan dengan pengiriman barang tersebut sampai diterimanya barang tersebut oleh yang berhak menerima. Jadi itulah bisnis logistik emiten PPGL.

IPO / initial public offering yang telah dilakukan oleh emiten PPGL pada pertengahan tahun 2020 bisa dinilai sebagai langkah yang menarik. Hal tersebut didukung dengan peluang bisnis logistik di Indonesia yang masih besar, yang mana ke depan diproyeksikan masih akan punya ruang besar untuk terus tumbuh, dimana potensi / proyeksi pertumbuhan bisnis logistik di Indonesia tersebut didukung dengan pesatnya pertumbuhan sektor dagang-el (e-commerce).

Menariknya bisnis logistik seperti yang dijalankan oleh emiten PPGL ini selain didukung dengan e-commerce yang tumbuh pesat, juga “di amini” dengan mulai maraknya sejumlah perusahaan rintisan (startup) logistik asal Indonesia yang dikabarkan segera / akan masuk ke lantai bursa saham Indonesia serta cemerlangnya hasil rapor perusahaan – perusahaan rintisan di bidang logistik, termasuk hasil LK terkini emiten PPGL yang bisa dinilai MENARIK.

 

Perkembangan terkini (beberapa poin menarik) :

  • Emiten / saham PPGL IPO di pertengahan tahun 2020 tepat saat peluang bisnis logistik di Indonesia masih dan akan berpotensi semakin besar, dimana dana yang diperoleh dari hasil IPO sebesar IDR 16,5 miliar dominan digunakan untuk aktivitas bisnis utama emiten PPGL, yakni sekitar 81,88% untuk biaya – biaya terkait jasa pengurusan transportasi ekspor, sekitar 12,24% untuk biaya – biaya terkait pengangkutan ekspor, sekitar 5,12% untuk biaya – biaya terkait jasa pengurusan transportasi impor dan 0,76% untuk biaya-biaya terkait pengangkutan impor.

 

Faktor terkait :

Perubahan ekonomi global, harga komoditas, kurs mata uang asing utamanya US dollar, aktivitas manufaktur dan sebagainya yang berdampak pada aktivitas ekspor dan impor tentu tidak selalu berada pada kestabilan yang pasti atau dengan kata lain bisa berubah sewaktu – waktu. Tentu saja beberapa faktor tersebut bisa berdampak / berpengaruh pada bisnis yang terkait dengan export maupun import, termasuk jasa pengurusan transportasi yang mana permintaan akan kebutuhan jasa tersebut tergantung pada aktivitas ekspor dan impor.

 

Fundamental :

Penulis menilai, saat review ini ditulis valuasi saham PPGL telah atau masih undervalue ditunjukkan dengan tingkat PER PPGL 3,42x dan tingkat PBV PPGL 1,37x vs tingkat ROE PPGL 40,01% di level harga 82/share. Namun, … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan].

Berdasarkan LK emiten PPGL kuartal 2Q21/1H21, PT. Prima Globalindo Logistik Tbk. menunjukkan performa atau kinerja yang bisa dinilai MENARIK, … [uraian lengkap pada poin ini hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

[Uraian mengenai fundamental dibatasi, selengkapnya hanya tersedia pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan]

 

Sejauh ini berdasarkan catatan – catatan PPGL tersebut, apakah potensi PPGL bisa dinilai menarik di tengah peluang bisnis logistik di Indonesia yang semakin besar ?

Review secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif di atas Penulis pikir cukup menjelaskan secara prudent dan konservatif mengenai saham PPGL setidaknya untuk saat ini. But, dari beberapa poin yang terpenuhi di atas maka poin terpenting selanjutnya terkait “Tindakan yang ideal untuk dilakukan selanjutnya Pada Saham PPGL” berdasarkan pada laporan keuangan tentu diuraikan lebih detail hanya pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan.

 

Emiten : Saham PPGL – PT. Prima Globalindo Logistik Tbk.
Rating Fundamental — — (saat review) : Menarik / Biasa Saja / Buruk
Pada Harga IDR 80/lembar, Rating Valuasi Saham PPGL : A (Murah)
Pada Harga IDR 80/lembar, Margin to Fair Saham PPGL : + 100%

 

“Successful Investing Takes Time, Discipline and Patience”
** Warren Buffet **


Rating Valuasi Saham : A (Sangat Murah), B (Murah), C (Hampir Wajar), D (Wajar), E (Hampir Mahal).
Rating Valuasi Saham mempertimbangkan : PBV, PER, ROE, DER, QV (Qualitative Value), RR (Risk Rate) dan HSP (Historis Stock Price) pada saat penilaian atau pengukuran Rating Valuasi Saham tersebut.


Kenapa analisis dalam kaidah value investing sangat penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member andrianoktianto.com.

Temukan hasil review saham – saham pilihan selanjutnya hanya dengan registrasi atau join membership andrianoktianto.com (klik disini) dan dapatkan review lengkap saham – saham pilihan di Ebook Kuartalan andrianoktianto.com sesuai kaidah Value Investing – Warren Buffet / Benjamin Graham (klik disini).


TagLine : value investing indonesia andrianoktianto.com // value investing saham // investasi saham pemula // investasi saham berpengalaman // value investor Indonesia // metode value investing // saham value investing indonesia