Siloam International Hospitals : UnderValue, Brand and Benchmark Hospitals :: Saham SILO Good or Bad (2019) ?

27/3/2019, 19:56 WIB

Good or Bad saham SILO ? : Mulai dari Benchmark Hospitals yang membuat SILO menjadi Rumah Sakit Pertama di Indonesia sebagai acuan atau nilai standar pada pelayanan kesehatan berkualitas di Indonesia [bahkan telah mendapat akreditasi International dari lembaga akreditasi Joint Commission International Accreditation] dan memiliki merk atau brand cukup dikenal hingga pengalaman dan valuasi saham SILO yang telah UnderValue [termasuk saham sektor jaringan rumah sakit dengan valuasi termurah saat ini atau setidaknya saat review atau artikel ini ditulis], maka Apakah saat ini merupakan peluang menarik untuk memiliki saham SILO ?

Apakah harga saham SILO sanggup mencapai ke >4,250/share ?.

(Gambar SILO)

[ Jika Anda sering berkunjung ke situs andrianoktianto.com, pasti Anda ingat beberapa waktu lalu Penulis sempat memberikan potensi dari menariknya saham – saham pilihan yang akhirnya melejit (sebelum harga sahamnya sempat retracement ekstrem akibat panic selling effect pada akhir kuartal III tahun 2018) tinggi seperti saham WOOD yang bisa Anda baca [ disini ], saham SMCB yang bisa Anda baca [ disini ], saham MAIN yang bisa Anda baca [ disini ], saham ESSA yang bisa Anda baca [ disini ], saham KINO yang bisa Anda baca [ disini ], saham UNVR yang bisa Anda baca [ disini ], saham JSMR yang bisa Anda baca [ disini ] serta beberapa saham lainnya. Menariknya kali ini Penulis akan memberikan artikel terkait analisis saham SILO di bawah ini jadi silahkan baca hingga tuntas. Jika Anda ingin baca artikel saham – saham pilihan andrianoktianto.com lainnya bisa Anda baca (disini) ]

[ sebelum Anda membaca artikel soal analisis saham SILO maka penulis menyarankan alangkah lebih baik lagi Anda membaca (artikel ini) untuk lebih memahami pentingnya mindset value investing setelah hasil analisis itu sendiri ]

Hasil analisis [terbatas] saham SILO ini di publish via Website andrianoktianto.com pada Maret 2019. Tentunya E-book review analisis saham SILO telah di publish lebih dulu secara RealTime via email dengan versi hasil review yang tentu lebih lengkap (pasca awal tahun 2019).


Berikut adalah review Penulis yang tertuang pada Ebook Kuartalan 4Q18/FY18 saham SILO yang telah terbit beberapa waktu lalu atau awal – awal tahun 2019 [Catatan : Anda bisa membacanya dibawah ini]

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartalan [4Q18/FY18] saham SILO ini terbit lebih dulu via email sejak pasca awal tahun 2019 dan ditulis sejak harga saham SILO berada dikisaran 3,200/share.


SILO atau PT. Siloam International Hospitals Tbk. adalah perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan dan Rumah Sakit dimana PT. Siloam International Hospitals Tbk. merupakan bagian dari Lippo Group. Menurut Frost & Sullivian, Siloam Hospital Group adalah grup Rumah Sakit swasta terbesar di Indonesia dalam jumlah kapasitas dan jumlah tempat tidur operasional. Saat ini Siloam Hospitals mengoperasikan 20 Rumah Sakit yang tersebar di 15 Kota besar di Indonesia serta memiliki tim medis yang terdiri dari 2,700 dokter umum dan dokter spesialis, serta 10.000 perawat dan staf pendukung lainnya dan telah melayani hampir 2 juta pasien setiap tahunnya. Siloam International Hospitals juga menjadi Rumah Sakit Pertama di Indonesia yang mendapat akreditasi International dari lembaga akreditasi Joint Commission International Accreditation dan telah menjadi benchmark (nilai standar) pada pelayanan kesehatan berkualitas di Indonesia.

Ada 2 poin signifikan yang menjadi pertimbangan dalam melihat “nilai” dari saham SILO setidaknya hingga saat ini, yaitu :

  • [point 1] Memiliki valuasi yang telah cukup murah atau UnderValue [Baca : Anda bisa memiliki bisnis yang tidak bisa dipandang sepele dengan mengeluarkan “biaya” atau nilai investasi yang murah jika mulai meng-akumulasi sahamnya saat ini].

SILO atau PT. Siloam International Hospitals Tbk. di harga kisaran 3200-an/share memiliki valuasi MURAH dengan PBV 0,78x atau < 1x [Catatan : PER saham SILO memang bukan yang ter-murah namun PBV lebih mencerminkan tingkat valuasi dari suatu saham perusahaan], menariknya valuasi saham SILO ini menjadi saham sektor pelayanan kesehatan khususnya jaringan rumah sakit dengan valuasi termurah saat ini atau setidaknya hingga awal – awal tahun 2019 ini [Catatan : setelah di lakukan comparasion dengan beberapa saham sektor pelayanan kesehatan khususnya jaringan rumah sakit MIKA, SAME dan SRAJ]. Meski perlu di pahami bahwa valuasi MURAH pada saham SILO saat ini bisa dikatakan wajar terjadi karena kinerja SILO yang belum cukup bagus ditambah secara khusus respon market yang masih belum “sensitif” pada saham lippo group. But, ada peluang disini ! [Catatan : lanjutkan dengan membaca poin berikutnya terkait BRAND atau Intangible Asset].

  • [point 2] Memiliki Intangible Asset yang bisa dikatakan masih akan menarik atau menarik hingga setidaknya saat ini [Catatan : Brand / merk, Formula Produksi, Pangsa Pasar dan sebagainya].

SILO atau PT. Siloam International Hospitals Tbk. merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan dan jaringan Rumah Sakit yang memiliki Intangible Asset pada BRAND atau merk serta pangsa pasar dan pengalaman yang kuat tidak kalah dengan saham pilihan penulis sebelumnya.

Perlu untuk diketahui bahwa Siloam International Hospitals merupakan jaringan Rumah Sakit Pertama di Indonesia yang mendapat akreditasi International dari lembaga akreditasi Joint Commission International Accreditation dan yang tidak kalah pentingnya bahwa Siloam International Hospitals juga telah menjadi benchmark (nilai standar) pada pelayanan kesehatan berkualitas di Indonesia.

So, Intangible Asset berupa brand, pangsa pasar, pengalaman hingga sebagai BenchMark (nilai standar) Siloam International Hospitals inilah yang tidak bisa di nilai MURAH. Bahkan Mitra Keluarga Karyasehat, Sarana Mediatama Metropolitan hingga Sejahteraraya Anugrahjaya [Catatan : Siloam International Hospitals masih menjadi jaringan Rumah Sakit swasta terbesar di Indonesia] So, memperoleh saham SILO saat di valuasi yang bisa dikatakan UnderValue bukan merupakan keputusan yang asal “main – main” tanpa pengukuran dan pertimbangan komprehensif serta mendalam.

Hingga kuartal keempat tahun 2018 ini belum ada perkembangan atau aksi korporasi terbaru dari SILO yang perlu Penulis berikan review khusus nya.


Jadi khusus untuk saham SILO pilihan Penulis ini, Anda atau para pembaca bisa kembali membaca poin – poin di atas atau di awal yang sebelumnya Penulis sampaikan.

Terkait Laporan Keuangan di kuartal 4Q18/FY18 saat ini kinerja SILO belum menunjukkan atau mencerminkan Fundamental Recovery yang cukup signifikan. Tentu saja masih dibutuhkan konfirmasi adanya perkembangan untuk kinerja saham SILO di kuartal selanjutnya.

Namun, Jika saat ini [Baca : pasca kuartal 4 ; tahun 2018] harga saham SILO masih juga retracement hal ini dikarenakan fundamental dari SILO belum cukup MENARIK atau Not Bad, tentunya masih perlu konfirmasi atas perkembangan kinerja SILO di kuartal selanjutnya.

Jadi, pertimbangkan baik – baik. Harusnya sepadan dengan kinerja dan valuasinya [Baca : UnderValue] saat ini yang artinya tetap saja Nothing To Lose untuk memiliki saham SILO saat ini.


Di atas adalah review [TERBATAS] Penulis via Ebook Kuartalan (4Q18/FY18) saham SILO. Yups ! saat review saham SILO ini di publish via website andrianoktianto.com harga saham SILO sudah dikisaran 3,530/share [per 27 Maret 2019].

Apakah saham SILO masih menarik untuk di akumulasi BELI ? dan apakah harga saham SILO akan mampu naik cukup tinggi dari harganya saat ini ?. Let’s see the market !

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram andrianoktianto.com).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram andrianoktianto.com, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia andrianoktianto.com )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala andrianoktianto.com dan ingin mendapatkan hasil analisis andrianoktianto.com lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan andrianoktianto.com. Klik REGISTRASI —> disini

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (disini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing andrianoktianto.com ?. Klik —> (disini)

Apa itu Value Investing andrianoktianto.com ?. Klik —> (disini)

Profil dari Penulis ?. Klik —> (disini)

Saham Value Investing Indonesia – andrianoktianto.com

NB : Beberapa sumber (Berita Terkait) diolah dari berbagai media

E-book Review atas Laporan Keuangan Kuartal II – Tahun 2020

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal II – Tahun 2020   Dear investor dari berbagai ...

GUDANG GARAM (Saham GGRM) – th. 2020

GGRM salah satu perusahaan produsen rokok terbesar di Indonesia, saat ini (th. 2020) sempat berada ...

BLUE BIRD (Saham BIRD) – th. 2020

Saham BIRD, IPO sejak akhir tahun 2014 dan mulai akan “melejit” di tahun 2020/2021 ? ...

PT PP (Saham PTPP) – th. 2020

Salah satu saham sektor konstruksi, properti, dan infrastruktur yang saat ini (th. 2020) sempat berada ...

ASTRA OTOPARTS (saham AUTO) – th. 2020

Ekspansi produk, penambahan Outlet Shop & Drive guna perbesar pangsa pasar, efisiensi biaya utama hingga ...

SOECHI LINES (saham SOCI) – th. 2020

Saham SOCI, IPO sejak akhir tahun 2014 dan mulai akan “melejit” di tahun 2020/2021 ? ...