Tunas Baru Lampung : Minyak Sawit & Teknologi POME :: Saham TBLA (2019) ?

10/10/2019, 09:32 WIB

Saham TBLA Menarik ? : Mulai dari pemanfaatan teknologi Palm Oil Mill Effluent tahun 2019 [pengoperasian secara masif di tahun 2020. Teknologi POME punya potensi menjadikan Indonesia sebagai penghasil omega-3 terbesar di dunia], valuasi saham TBLA yang masih “tertahan” MURAH hingga fundamental TBLA di 2Q19/1H19 yang bisa dikatakan Not Bad, maka Apakah saat ini merupakan peluang menarik untuk memiliki saham TBLA ?

Apakah harga saham TBLA sanggup mencapai ke >1,250/share ?.

(GAMBAR TBLA)

[ Jika Anda sering berkunjung ke situs andrianoktianto.com, pasti Anda ingat beberapa waktu lalu Penulis sempat memberikan potensi dari menariknya saham – saham pilihan yang akhirnya melejit (sebelum harga sahamnya sempat retracement ekstrem akibat panic selling effect pada akhir kuartal III tahun 2018, pertengahan Mei 2019 & awal Agustus 2019) tinggi seperti saham WOOD yang bisa Anda baca [ disini ], saham KINO yang bisa Anda baca [ disini ], saham UNVR yang bisa Anda baca [ disini ], saham SILO yang bisa Anda baca [ disini ], saham MNCN yang bisa Anda baca [ disini ] serta beberapa saham lainnya. Menariknya kali ini Penulis akan memberikan artikel terkait analisis saham TBLA di bawah ini jadi silahkan baca hingga tuntas. Jika Anda ingin baca artikel saham – saham pilihan andrianoktianto.com lainnya bisa Anda baca (disini) ]

[ sebelum Anda membaca artikel soal analisis saham TBLA maka penulis menyarankan alangkah lebih baik lagi Anda membaca (artikel ini) untuk lebih memahami pentingnya mindset value investing setelah hasil analisis itu sendiri ]

Hasil analisis [terbatas] saham TBLA ini di publish via Website andrianoktianto.com pada Oktober 2019 atau saat harga saham TBLA dikisaran 945/share. Tentunya E-book review analisis saham TBLA telah di publish lebih dulu secara RealTime via email dengan versi hasil review yang tentu lebih lengkap (pasca pertengahan tahun 2019).


Berikut adalah review Penulis yang tertuang pada Ebook Kuartalan 2Q19/1H19 saham TBLA yang telah terbit beberapa waktu lalu atau pasca pertengahan tahun 2019 [Catatan : Anda bisa membacanya dibawah ini]

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartalan [2Q19/1H19] saham TBLA ini terbit lebih dulu via email sejak pasca pertengahan tahun 2019 dan ditulis sejak harga saham TBLA berada dikisaran 800/share.


TBLA atau PT. Tunas Baru Lampung Tbk. adalah saham sektor Agriculture atau lebih erat kaitannya dengan komoditas Crude Palm Oil atau Minyak Kelapa Sawit.

PT. Tunas Baru Lampung Tbk. atau TBLA merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi meliputi : minyak goreng sawit, minyak goreng kelapa, minyak kelapa mentah, minyak sawit (Baca : Crude Palm Oil), margarin, mentega, gula, bahan pembersih dan komestika serta bidang perkebunan antara lain: kelapa sawit, nanas, jeruk, kelapa hibrida dan tebu. TBLA adalah salah satu produsen minyak goreng terbesar dan termurah di Indonesia serta merupakan kelompok usaha dari Sungai Budi yang dibentuk tahun 1947 dan menjadi salah satu perintis industri pertanian di Indonesia. Menariknya, kelompok usaha Sungai Budi merupakan salah satu pabrikan dan distributor pertanian terbesar di Indonesia berbasis produk konsumen.

Jika Anda masih sedikit kesulitan dalam mengenal perusahaan TBLA maka mungkin Anda pernah atau sering dengar brand atau merk terkenal yaitu Rose Brand ?. Yups, itu merk tersebut merupakan brand terkenal dari hasil produksi PT. Tunas Baru Lampung Tbk. .

By the way, terkait sektor perkebunan dan pertanian khususnya terkait CPO maka yang menarik menjelang pertengahan tahun 2019 ini adalah adanya teknologi yang punya potensi besar dapat menjadikan Indonesia sebagai Negara penghasil Omega-3 terbesar di dunia. Menariknya lagi, khususnya untuk saat ini perusahaan terbuka yang punya peran dalam perwujudan tersebut salah satunya adalah TBLA atau PT. Tunas Baru Lampung Tbk.

Yups, TBLA atau PT. Tunas Baru Lampung Tbk. berminat untuk memanfaatkan teknologi pengolah limbah pabrik kelapa sawit atau Palm Oil Mill Effluent dari Jepang. Teknologi yang akan digunakan tersebut nantinya akan dapat mengubah “sampah” menjadi uang, artinya tentu saja sangat MENARIK. Sederhananya, meski harga kelapa sawit masih rendah namun ada potensi pendapatan besar hasil dari pengolahan limbah.

TBLA berminat dan akan memanfaatkan teknologi POME mulai tahun ini dan mengoperasikannya secara masif di tahun 2020. Perlu diketahui bahwa limbah POME yang mengandung polusi gas metana berbahaya tersebut nantinya akan di “sulap” sebagai bahan baku penghasil DHA berkualitas dan berharga tinggi seperti Omega-3 yang tentunya dengan bantuan teknologi dari Jepang tersebut [Catatan : Teknologi Novel Algae hasil inovasi Universitas Tsukuba di Jepang].

By the way, sampai disini harusnya Anda paham apa maksud dari Penulis soal saham TBLA yang harus dimasukkan dalam daftar saham pilihan 2Q19/1H19.

Perlu untuk diperhatikan bahwa, hingga sampai dengan LK 2Q19/1H19 ini hasil performa atau kinerja TBLA masih Not Bad [Baca : belum signifikan menunjukkan kinerja yang menarik tapi juga tidak buruk], tentu saja hasil ini masih similar dengan hasil kuartal sebelumnya secara YOY.

Okay, secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif maka saham TBLA kali ini dipilih sebagai StockPick 2Q19/1H19 karena beberapa poin utama yaitu :

 

  1. valuasi saham TBLA hingga saat Ebook 2Q19/1H19 ini ditulis semakin / masih “tertahan” UnderValue [Catatan : PBV 0,83x VS ROE 14%],
  2. fundamental saham TBLA berdasarkan LK 2Q19/1H19 menunjukkan hasil yang bisa dikatakan Not Bad [Catatan : tidak buruk namun juga belum terlalu bagus],
  3. potensi perkembangan kebijakan B20 mengarah hingga ke B100 [Catatan : tentu akan sangat berdampak positif bagi sektor CPO seperti TBLA],
  4. indeks harga sektor pertanian dan perkebunan atau ^JKAGRI masih berada di kisaran terendah setidaknya dalam kurun waktu 5 tahun terahir / 2014 – 2019, yaitu di kisaran 1,370 saat review ini ditulis [Catatan : pemilihan saham paling ideal adalah pada saat suatu saham yang indeks harga sektoralnya masih berada di posisi terendah. Cara ini similar dengan cara perolehan saham sektor batubara di tahun 2016 lalu sebelum harga sahamnya naik puluhan hingga ratusan persen],
  5. potensi efek positif dari minat TBLA terhadap teknologi Palm Oil Mill Effluent atau Pengolah Limbah Pabrik Kelapa Sawit dimana di tahun 2020 TBLA akan (Baca : kemungkinan besar atas minat) mulai memanfaatkan dan mengoperasikan teknologi POME secara masif [Catatan : teknologi POME punya potensi menjadikan Indonesia sebagai penghasil omega-3 terbesar di dunia !],
  6. harga saham TBLA masih belum terlalu “kemana – mana” [Catatan : belum naik mendekati valuasi wajarnya hingga review 2Q19/1H19 ini ditulis],

 

Review secara sederhana, singkat, relevan, logis dan obyektif di atas Penulis pikir cukup menjelaskan secara prudent dan konservatif mengenai saham TBLA setidaknya untuk saat ini. But, dari beberapa poin yang terpenuhi di atas maka poin terpenting selanjutnya terkait “Tindakan yang ideal untuk dilakukan selanjutnya Pada Saham TBLA” berdasarkan pada laporan keuangan 2Q19/1H19 akan diuraikan lebih detail yang tentu saja hanya pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan TBLA.


Di atas adalah review [TERBATAS] Penulis via Ebook Kuartalan (2Q19/1H19) saham TBLA. Yups ! saat review saham TBLA ini di publish via website andrianoktianto.com harga saham TBLA telah berada dikisaran 945/share [per 09 Oktober 2019 – Day Closed].

By the way, setelah tahu beberapa poin signifikan mengenai saham TBLA seperti yang telah di uraikan di atas maka akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham TBLA masih menarik untuk di akumulasi BELI ? dan apakah harga saham TBLA akan mampu naik cukup tinggi dari harga sahamnya saat ini ?. Let’s see the market !

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram andrianoktianto.com).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram andrianoktianto.com, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia andrianoktianto.com )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala andrianoktianto.com dan ingin mendapatkan hasil analisis andrianoktianto.com lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan andrianoktianto.com. Klik REGISTRASI —> disini

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (disini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing andrianoktianto.com ?. Klik —> (disini)

Apa itu Value Investing andrianoktianto.com ?. Klik —> (disini)

Profil dari Penulis ?. Klik —> (disini)

Saham Value Investing Indonesia – andrianoktianto.com

NB : Beberapa sumber (Berita Terkait) diolah dari berbagai media

E-book Review atas Laporan Keuangan Kuartal I – Tahun 2020

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal I – Tahun 2020   Dear investor dari berbagai ...

WASKITA KARYA (Saham WSKT) – th. 2020

WSKT termasuk saham sektor konstruksi dimana perolehan proyeknya baik dari proyek pemerintah maupun proyek swasta ...

PT PP (Saham PTPP) – th. 2020

Salah satu saham sektor konstruksi, properti, dan infrastruktur yang saat ini (th. 2020) sempat berada ...

ADHI KARYA (Saham ADHI) – th. 2020

ADHI menjadi salah satu saham sektor kontruksi yang saat ini (th. 2020) sempat berada pada ...

Workshop Value Investing – Jakarta, Okt/Nov 2019

Dear investor dari berbagai profesi, andrianoktianto.com menyelenggarakan workshop investasi saham dengan metode Value Investing, yaitu ...

Workshop Value Investing (PRIVATE COACHING CLASS) – Surabaya, 24 Agustus 2019

Workshop Value Investing (PRIVATE COACHING CLASS) – Surabaya, 24 Agustus 2019   Dear investor dari ...