United Tractors : Diversifikasi – Bisnis Penambangan Batubara dan Emas :: Saham UNTR Menarik (2019) ?

4/7/2019, 16:32 WIB

Good or Bad saham UNTR ? : Mulai dari Diversifikasi bisnis pertambangan emas [sebagai bentuk strategi saat harga batubara fluktuatif dengan mengakuisisi 95% saham PT. Agincourt Resources dimana Agincourt Resources ini memiliki tambang emas Martabe], Peningkatan bisnis coking coal [melalui PT. Suprabari Mapanindo Mineral] yang di ekspor ke jepang, Akan beroperasi secara komersial pembangkit listrik tenaga uap berkapasitas 2 x 1,000 MW di Jepara Jawa Tengah pada tahun 2021 [UNTR melalui anak usaha memiliki 25% kepemilikan saham pada PT. Bhumi Jati Power atau BJP. BJP merupakan perusahaan patungan bersama atau konsorsium antara anak usaha UNTR, Sumitomo Corporation dan Kansai Electric Power Co Inc, lebih spesifik komposisi kepemilikan saham Sumitomo Corporation 50%, United Tractors 25%, dan The Kansai Electric Power Co., Inc. 25%], hingga penurunan harga komoditas batubara dan naiknya harga komoditas emas dunia [pasca UNTR akuisisi tambang emas], maka Apakah saat ini merupakan peluang menarik untuk memiliki saham UNTR ?

Apakah harga saham UNTR sanggup mencapai ke >30,000/share ?.

(GAMBAR UNTR)

[ Jika Anda sering berkunjung ke situs andrianoktianto.com, pasti Anda ingat beberapa waktu lalu Penulis sempat memberikan potensi dari menariknya saham – saham pilihan yang akhirnya melejit (sebelum harga sahamnya sempat retracement ekstrem akibat panic selling effect pada akhir kuartal III tahun 2018 & pertengahan Mei 2019) tinggi seperti saham WOOD yang bisa Anda baca [ disini ], saham SMCB yang bisa Anda baca [ disini ], saham KINO yang bisa Anda baca [ disini ], saham UNVR yang bisa Anda baca [ disini ], saham JSMR yang bisa Anda baca [ disini ], saham SILO yang bisa Anda baca [ disini ], saham DYAN yang bisa Anda baca [ disini ] serta beberapa saham lainnya. Menariknya kali ini Penulis akan memberikan artikel terkait analisis saham UNTR di bawah ini jadi silahkan baca hingga tuntas. Jika Anda ingin baca artikel saham – saham pilihan andrianoktianto.com lainnya bisa Anda baca (disini) ]

[ sebelum Anda membaca artikel soal analisis saham UNTR maka penulis menyarankan alangkah lebih baik lagi Anda membaca (artikel ini) untuk lebih memahami pentingnya mindset value investing setelah hasil analisis itu sendiri ]

Hasil analisis [terbatas] saham UNTR ini di publish via Website andrianoktianto.com pada Juli 2019. Tentunya E-book review analisis saham UNTR telah di publish lebih dulu secara RealTime via email dengan versi hasil review yang tentu lebih lengkap (menjelang pertengahan tahun 2019).


Berikut adalah review Penulis yang tertuang pada Ebook Kuartalan 1Q19/3M19 saham UNTR yang telah terbit beberapa waktu lalu atau menjelang pertengahan tahun 2019 [Catatan : Anda bisa membacanya dibawah ini]

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartalan [1Q19/3M19] saham UNTR ini terbit lebih dulu via email sejak menjelang pertengahan tahun 2019 dan ditulis sejak harga saham UNTR berada dikisaran 25,525/share.


Salah satu alasan saham UNTR dipilih setidaknya untuk saat ini [Baca : menjelang pertengahan tahun 2019] tidak lain karena sektor infrastruktur yang kaitannya dengan sektor kontruksi serta sektor pertambangan batubara yang kaitannya dengan harga komoditas batubara sedang atau setidaknya masih dikisaran yang bisa dikatakan cukup stabil [Catatan : Ingat, review ini ditulis sejak pasca LK 1Q19/3M19 UNTR terbit atau beberapa waktu sebelum pertengahan tahun 2019].

Yups, saham PT. United Tractors Tbk. atau UNTR merupakan salah satu anak perusahaan PT. Astra International Indonesia Tbk. atau ASII.

Lebih jelas dan lengkapnya, Let’s check this out !

PT. United Tractors Tbk. atau UNTR adalah perusahaan yang bergerak di 3 bidang usaha yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan dan Penambangan Batubara. UNTR atau PT. United Tractors Tbk. merupakan distributor alat berat terbesar dan terkemuka di Indonesia yang menawarkan produk dari merk – merk terkenal di dunia seperti Komatsu, Komatsu Forest, UD Trucks, Scania, Bomag, dan Tadano. UNTR ditunjuk menjadi distributor eksklusif untuk Truk dan Bus Scania, serta Komatsu Forest untuk Indonesia.

Secara komprehensif UNTR setidaknya hingga saat ini menjadi menarik karena di dukung dengan masih berlanjutnya program pemerintah dalam hal pengembangan infrastruktur di Indonesia yang berkaitan dengan tingkat kebutuhan Mesin Kontruksi. Selain itu, [selama masih] stabilnya harga komoditas batubara setidaknya di atas US$ 80 PMT – US$ 90 PMT saat review ini ditulis juga membuat tingkat kebutuhan Penambangan dan komoditas batubara itu sendiri semakin positif.

But, apakah hanya karena aspek tersebut sehingga saham UNTR menjadi menarik ?. Jawabannya tentu saja tidak, mengingat alasan utama lain yang tidak kalah pentingnya adalah saat review ini ditulis valuasi saham UNTR jika di pertimbangkan dengan hasil performa kinerja 1Q19/3M19 maka masih bisa dikatakan masih cukup MURAH ditambah kualitatif value UNTR sebagai perusahaan distributor alat berat terbesar dan terkemuka di Indonesia yang menawarkan produk dari merk – merk terkenal di dunia maka saham UNTR setidaknya hingga saat ini memiliki takaran reward yang lebih besar ketimbang resikonya dimana hasil LK 1Q19/3M19 UNTR yang mencerminkan kinerja atau fundamental masih bisa dikatakan Not Bad dan bisa para Pembaca baca di bagian Kinerja Keuangan Fundamental pada review versi lengkap Ebook Kuartalan UNTR.

Berikut beberapa poin penting dan menarik yang perlu diketahui pada perusahaan UNTR, here we go !

  • Pasca 4Q18/FY18 atau menjelang tahun 2019, UNTR melalui anak usahanya yaitu PT. Danusa Tambang Nusantara telah mengakuisisi 95% kepemilikan PT. Agincourt Resources yang mana perusahaan tersebut bergerak di bidang eksplorasi, penambangan, dan pengolahan mineral emas. PT. Agincourt Resources mengoperasikan tambang emas Martabe di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.
  • Pasca 4Q18/FY18 atau menjelang tahun 2019, progress pembangunan kontruksi proyek pengembangan pembangkit listrik tenaga uap berkapasitas 2 x 1,000 MW di Jepara Jawa Tengah telah mencapai 55% dan dijadwalkan akan memulai operasi secara komersial pada tahun 2021. Proyek pengembangan pembangkit listrik tenaga uap tersebut di lakukan oleh UNTR melalui anak usaha UNTR yang memiliki 25% kepemilikan saham pada PT. Bhumi Jati Power atau BJP. Jadi, BJP merupakan perusahaan patungan bersama atau konsorsium antara anak usaha UNTR, Sumitomo Corporation dan Kansai Electric Power Co Inc, lebih spesifik komposisi kepemilikan saham Sumitomo Corporation 50%, United Tractors 25%, dan The Kansai Electric Power Co., Inc. 25%.
  • Di tahun 2019 ini, UNTR mengalokasikan US$ 50 juta untuk tambang emas Martabe dimana berdasarkan data per Desember 2017 tambang emas Martabe memiliki cadangan 4,7 juta ons troi.
  • Di tahun 2019 ini, UNTR membuat target produksi jasa pertambangan sekitar 125 juta ton – 127 juta ton dan pengupasan tanah sekitar 950 juta bank cubic meter (BCM) – 980 juta bank cubic meter (BCM).
  • Di tahun 2019 ini, CAPEX atau Capital Expenditure UNTR kurang lebih sebesar US$ 700 juta – US$ 800 juta dimana sekitar 80% digunakan untuk pembaharuan alat berat di lini bisnis kontraktor penambangan, sisanya untuk keperluan maintenance di lini bisnis yang lain.
  • Pada 1Q19/3M19 ini, UNTR telah menyerap 30% atau sekitar US$ 220 juta belanja modal yang penggunaannya masih didominasi untuk anak usaha bisnis kontraktor penambangan PT. Pama Persada Nusantara.
  • Di tahun 2019 ini, UNTR melalui PT. Suprabari Mapanindo Mineral membuat target produksi coking coal 1,5 juta ton atau naik hingga 85,87% ketimbang realisasi produksi tahun 2018. Produksi coking coal tersebut di ekspor ke jepang mengingat bisnis coking coal terus meningkat.
  • Di tahun 2019 ini, UNTR mulai diversifikasi ke bisnis pertambangan emas sebagai bentuk strategi saat harga batubara fluktuatif dengan mengakuisisi 95% saham PT. Agincourt Resources senilai US$ 917,9 juta [nilai perusahaan sebesar 1,2 miliar] dimana Agincourt Resources ini memiliki tambang emas Martabe di Sumatera Utara.
  • Di tahun 2019 ini, UNTR menggelontorkan dana sekitar US$ 50 juta untuk PT. Agincourt Resources pada kegiatan bisnis tambang emas. Perlu diketahui bahwa tambang emas Martabe memiliki cadangan 4,7 juta ons.

Selebihnya hingga menjelang pertengahan tahun 2019 belum ada Perkembangan aksi korporasi terbaru selain yang Penulis tuliskan di atas yang dilakukan oleh UNTR serta perlu untuk Penulis sampaikan.

Penulis berharap Anda mau membaca review dari laporan keuangan 1Q19/3M19 UNTR pada review versi lengkapnya di Ebook Kuartalan UNTR untuk mengetahui bagaimana kinerja UNTR dimana setidaknya saat review ini ditulis harga sahamnya masih belum “kembali” atau menyesuaikan ke valuasi wajarnya.


Jadi khusus untuk saham UNTR pilihan Penulis ini, Anda atau para pembaca bisa kembali membaca poin – poin di atas atau di awal yang sebelumnya Penulis sampaikan.

Terkait Laporan Keuangan di kuartal 1Q19/3M19 saat ini kinerja UNTR mencerminkan kinerja atau fundamental yang masih bisa dikatakan Not Bad. Tentu saja masih dibutuhkan konfirmasi adanya perkembangan untuk kinerja saham UNTR di kuartal selanjutnya.


Di atas adalah review [TERBATAS] Penulis via Ebook Kuartalan (1Q19/3M19) saham UNTR. Yups ! saat review saham UNTR ini di publish via website andrianoktianto.com harga saham UNTR telah berada dikisaran 27,700/share [per 04 Juli 2019].

By the way, setelah tahu beberapa poin signifikan mengenai saham UNTR seperti yang telah di uraikan di atas maka akhirnya sampai pada suatu kesimpulan yang tentu berujung jawaban dari suatu pertanyaan, Apakah saham UNTR masih menarik untuk di akumulasi BELI ? dan apakah harga saham UNTR akan mampu naik cukup tinggi dari harga sahamnya saat ini ?. Let’s see the market !

(Jawaban atas semua hasil analisis pertanyaan ini telah Kami publish via Telegram andrianoktianto.com).

Kenapa analisis dalam kaidah value investing ini penting ?. Karena hal ini menjadi acuan utama atas keputusan penting dalam membeli suatu saham.

Jika nanti harga suatu saham yang telah memenuhi kriteria saham Value Investing (pada Harga BELI tertentu) ini nantinya mungkin terjadi retracement atau penurunan tajam, sebagai value investor hal ini di pandang sebagai bentuk moment “Salah Harga” dan tentu nya dapat dilakukan kesempatan untuk melakukan aksi BELI dan bukan hanya BINGUNG, GALAU ataupun PANIK mengikuti kata pelaku pasar yang tidak memiliki “acuan hasil analisis komprehensif” dalam pengambilan keputusan untuk BELI suatu saham yang memang MENARIK.

( Hanya ada di Telegram andrianoktianto.com, Let’s JOIN Us ! – value investing indonesia andrianoktianto.com )

Share hasil analisis beberapa saham terbaik (Sesuai kaidah Value Investing) di website andrianoktianto.com baru Kami lakukan terbatas. Hal ini untuk menjaga Ekslusivitas Anggota / Member.

Jika Anda cocok dengan Value Investing ala andrianoktianto.com dan ingin mendapatkan hasil analisis andrianoktianto.com lebih lengkap seperti di atas untuk saham – saham berpotensi lainnya, silahkan JOIN dengan andrianoktianto.com. Klik REGISTRASI —> disini

Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut, Klik —> (disini)

Apakah Anda cocok dengan Value Investing andrianoktianto.com ?. Klik —> (disini)

Apa itu Value Investing andrianoktianto.com ?. Klik —> (disini)

Profil dari Penulis ?. Klik —> (disini)

Saham Value Investing Indonesia – andrianoktianto.com

NB : Beberapa sumber (Berita Terkait) diolah dari berbagai media

E-book Review atas Laporan Keuangan Kuartal II – Tahun 2020

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal II – Tahun 2020   Dear investor dari berbagai ...

E-book Review atas Laporan Keuangan Kuartal I – Tahun 2020

Ebook Review atas Laporan Keuangan Kuartal I – Tahun 2020   Dear investor dari berbagai ...

GUDANG GARAM (Saham GGRM) – th. 2020

GGRM salah satu perusahaan produsen rokok terbesar di Indonesia, saat ini (th. 2020) sempat berada ...

BLUE BIRD (Saham BIRD) – th. 2020

Saham BIRD, IPO sejak akhir tahun 2014 dan mulai akan “melejit” di tahun 2020/2021 ? ...

PT PP (Saham PTPP) – th. 2020

Salah satu saham sektor konstruksi, properti, dan infrastruktur yang saat ini (th. 2020) sempat berada ...

ADHI KARYA (Saham ADHI) – th. 2020

ADHI menjadi salah satu saham sektor kontruksi yang saat ini (th. 2020) sempat berada pada ...